Massa Aksi May Day Mulai Berdatangan di Depan Kantor Gubernur Jatim

Usai tiba mereka langsung menikmati konser

Surabaya, IDN Times - Massa buruh yang akan melakukan aksi unjuk rasa untuk memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), Rabu (1/5) mulai berdatangan. Mereka merupakan massa yang akan melaksanakan aksi di depan Gedung Kantor Gubernur Jawa Timur Jalan Pahlawan.

Massa tersebut teihat datang pada pukul 11.00 WIB dengan menggunakan tiga truk bak terbuka. Di samping kiri truk terlihat spanduk yang mereka tempel bertuliskan Persatuan Pekerja/Buruh Sidoarjo (PPBS). Selain itu masing-masing truk juga membawa bendera bertuliskan "SPN Serikat Pekerja Nasional PT ECCO Indonesia-Sidoarjo" yang diikat disebuah tiang.

Selain bertuliskan nama organisasi, dalam spanduk yang tertempel di truk juga memuat beberapa tuntutan dari massa tersebut antara lain:

1. Menolak PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan

2. Menolak Permenaker 15 tahun 2018 tentang upah minimum

3. Menuntut perbaikan kinerja pengawasan ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur

4. Menuntut Pelaksaan Survei KHL yang berkualitas dan berpihak kepada buruh

5. Menolak upah murah sebesar Rp1,8 di wilayah Sidoarjo

Setelah berhasil terparkir, belasan orang turun dari tiga truk tersebut. Massa terlihat didominasi oleh laki-laki. Namun ada beberapa wanita berjilbab juga yang tergabung dalam massa mereka. Setelah mengambil foto, massa yang berseragam merah ini mulai merapat ke arah panggung depan Kantor Gubernur.

Di depan Kantor Gubernur telah tersedia panggung yang menyediakan penampilan konser organ tunggal. Massa aksi pun merapat di depan panggung bersama petugas Satpol PP, BPB Linmas, dan Kepolisian.

 

Baca Juga: Rayakan May Day, Ini 8 Pengalaman Suka dan Duka Pernah Dirasakan Buruh

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya