Mahfud MD dan Tito Kompak Tegaskan Jatim Siap Pilkada 2020

Pemilihnya juga harus siap, ya!

Surabaya, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendatangi Jawa Timur untuk mengecek penanganan kasus COVID-19 serta persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Desember mendatang. Setelah pertemuan tersebut, mereka menyatakan bahwa Jatim telah siap untuk menyelenggarakan Pilkada 2020.

1. Mahfud nyatakan Jatim siap selenggarakan Pilkada

Mahfud MD dan Tito Kompak Tegaskan Jatim Siap Pilkada 2020Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Surabaya, Jumat (26/6). IDN Times/Fitria Madia

Mahfud menuturkan, setelah mendengarkan pemaparan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan kepala daerah masing-masing daerah, ia menyimpulkan bahwa Jatim siap melaksanakan Pilkada 2020. Pada tahun ini akan ada 19 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada.

"Semua daerah yang akan ikut Pilkada di Jatim sudah laporan KPU, Bawaslu, gubernur dan bupati/wali kota. Mereka semua sudah siap untuk melaksanakan Pilkada serentak tanggal 9 Desember," tutur Mahfud MD seusai pertemuan di Surabaya, Jumat (26/6).

2. Tito sebut masalah dana Pilkada di Jatim sudah bagus

Mahfud MD dan Tito Kompak Tegaskan Jatim Siap Pilkada 2020Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Surabaya, Jumat (26/6). IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Tito menambahkan, ia telah memastikan mengenai pencairan dana Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan tambahan dari APBN. Menurutnya, manajemen dana di Jatim telah berjalan dengan baik. Hanya tersisa beberapa daerah saja yang belum melakukan pencairan.

"KPU Jatim ini sangat siap di 19 kabupaten/kota. Kita meminta bantuan masyarakat untuk taat protokol, gunakan hak pilih dan gunakan APD (alat pelindung diri)," ucapnya.

3. Khofifah optimistis Pilkada 2020 akan sukses

Mahfud MD dan Tito Kompak Tegaskan Jatim Siap Pilkada 2020Gubenur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menerima kunjungan Joko Widodo, Kamis (25/6). Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Kepresidenan

Senada dengan hal itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, berdasarkan gelaran Pemilu sebelumnya, ia optimistis Pilkada di Jatim akan berjalan sukses. Ia mencontohkan partisipasi pemilih pada Pileg dan Pilpres tahun 2019 mencapai angka 80,90 persen yang jauh melampaui target pemerintah yaitu sebesar 77,5 persen.

"Saya yakin, berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pesta demokrasi, Pilkada di Jawa Timur dapat berjalan aman, tertib, lancar, dan damai. Dan yang terpenting juga aman dari penyebaran COVID-19 melalui penegakan protokol kesehatan," ungkapnya.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya