Mahasiswa Bidikmisi Unesa Dirikan CV, Beri Desain Masjid Gratis

Keterbatasan ekonomi tak jadi halangan

Surabaya, IDN Times - Keterbatasan ekonomi tak membuat Samsuddin, seorang mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhenti berkarya. Di tengah sela-sela kesibukannya sebagai mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, Samsuddin berhasil mendirikan perusahaan hingga memiliki puluhan karyawan paruh waktu.

“Awalnya, saya melihat teman-teman di kampus lain itu sangat antusias dengan desain teknik 3D dan saya ingin membawa antusias tersebut di Unesa karena keahlian desain teknik 3D itu penting,” ujarnya, Rabu (18/8/2021).

1. Buat komunitas pelatihan teknik 3D bersama teman-teman

Mahasiswa Bidikmisi Unesa Dirikan CV, Beri Desain Masjid GratisSalah satu desain masjid secara gratis oleh CV Ide Karya Semesta. Dok Unesa

Ternyata, komunitas yang dibesut Samsuddin dan teman-temannya ini mendapat respons positif hingga di luar kampus. Ia pun mulai membentuk konsultan bernama 3D Experts yang memberi pelatihan desain teknik 3D gratis kepada 450 peserta yang terdiri dari karyawan dan mahasiswa. 

Melihat antusiasme yang tinggi, Samsuddin bersama teman-temannya pun memutuskan untuk membentuk perusahaan yang dilegalkan dengan nama CV Ide Karya Semesta pada Januari 2020. Perusahaan ini merambah menjadi jasa konsultasi bidang perancangan industrial, mekanikal, konstruksi, arsitektur dan berbagai bidang engineering lainnya . 

"Saat ini sudah ada lebih dari 1.700 alumni peserta training yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, bahkan di Timor Leste," tutur Samsuddin.

2. Berkembang jadi perusahaan

Mahasiswa Bidikmisi Unesa Dirikan CV, Beri Desain Masjid GratisSalah satu desain masjid secara gratis oleh CV Ide Karya Semesta. Dok Unesa

Perusahaan ini pun terus berkembang. Awalnya Samsuddin yang bekerja sama dengan teman-temannya kini sudah memiliki puluhan karyawan. Ia menyebut, CV Ide Karya Semesta sudah dibantu 25 karyawan paruh waktu yang terdiri dari praktisi dan akademisi perguruan tinggi di Jawa Timur, seperti UGM, ITS, PPNS, dan UB. 

"Dalam meningkatkan kualitas, CV Ide Karya Semesta melakukan berbagai kerja sama dengan lebih dari 20 perguruan tinggi di Indonesia serta dua perusahaan sebagai mitra dan seiring berjalannya waktu akan terus bertambah," ungkap direktur ini.

Baca Juga: Gandeng KPI, Unesa Usul Buat Kampung Cerdas Bermedia

3. Pandemik COVID-19 menjadi tantangan

Mahasiswa Bidikmisi Unesa Dirikan CV, Beri Desain Masjid GratisSalah satu desain masjid secara gratis oleh CV Ide Karya Semesta. Dok Unesa

Sama seperti perusahaan lainnya, Samsuddin pun menemukan kesulitan di masa pandemik COVID-19. Pelatihan-pelatihan yang sebelumnya bisa dilakukan secara tatap muka pun terhalang. Ia harus memutar otal untuk tetap bisa melaksanakan berbagai kegiatan secara daring.

“Pandemi dan kebijakan PPKM sempat membuat down, karena membutuhkan tenaga ekstra untuk promosi pelatihan desain, tentu harus menerima keadaan dan bangkit lagi,” sebutnya.

Tak hanya menjalankan bisnis, CV Ide Karya Semesta ini juga menyediakan jasa konsultassi serta perencanaan pembangunan masjid dan pondok pesantren secara gratis. Telah ada lima masjid yang mereka rancang secara gratis di Batam, Lamongan, Surabaya, dan Bandung. Bahkan, saat ini sedang terproses pembangunan masjid Darul Muttaqin di Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.

“Terima kasih Unesa dan Indonesia. Berawal dari Bidikmisi sampai bisa membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Semoga perusahaan ini semakin berkah dan memberi manfaat bagi Unesa dan negara,” pungkasnya.

Baca Juga: PTN Pertama di Jatim, Unesa Buka Prodi Bisnis Digital

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya