Libur Imlek di Kebun Binatang Surabaya, Ada Pertunjukan 'Keeper Talk'

Lebih dari 15.000 pengunjung dalam sehari

Surabaya, IDN Times - Untuk menikmati libur perayaan Tahun Baru Imlek, Selasa (5/2), banyak warga yang memilih menghabiskan waktunya di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Selain menikmati wahana yang tersedia, pengunjung KBS juga dimanjakan dengan kesenian tradisional khas kebudayaan Tionghoa yaitu Barongsai dan Liang Liong.

Baca Juga: Hujan Saat Imlek Tak Selalu Dinanti, Ini Alasannya

1. Lebih dari 15.000 pengunjung

Libur Imlek di Kebun Binatang Surabaya, Ada Pertunjukan 'Keeper Talk'IDN Times/Fitria Madia

Pengunjung KBS tampak padat sejak pagi hari. Bahkan, lahan parkir roda dua dan roda empat telah penuh. Pengunjung membutuhkan waktu ekstra untuk mencari tempat parkir kendaraannya.

"Memang sejak buka tadi sudah membludak. Karena hari libur kan. Selain itu juga ada wahana tambahan karena ini Imlek," jelas Humas KBS, Wini Hustiani, kepada IDN Times Jatim, Selasa (5/2).

Wini memperkirakan pengunjung yang datang hari ini lebih dari 15 ribu orang. Jumlah ini lebih banyak dibanding akhir pekan biasanya. Namun, tak sebanyak saat libur Hari Raya Idul Fitri.

2. Dimeriahkan kesenian tradisional Tionghoa

Libur Imlek di Kebun Binatang Surabaya, Ada Pertunjukan 'Keeper Talk'IDN Times/Fitria Madia

Wini menjelaskan, tahun ini, libur Imlek dimeriahkan adanya pertunjukan Barongsai dan Liang Liong pada wahana Panggung Anak. Di sela-sela pertunjukan, pengunjung juga dihibur dengan adanya live music.

"Karena ini kan tahun barunya Cina, kami berusaha menghadirkan suasana tradisional Cina melalui kesenian-kesenian tradisionalnya," jelas Wini.

Tak hanya pertunjukan, nuansa Tionghoa juga nampak pada beberapa pegawai KBS yang mengenakan baju adat Tionghoa, lengkap dengan rambut palsu yang terkepang panjang.

3. Ada program baru yaitu Keeper Talk

Libur Imlek di Kebun Binatang Surabaya, Ada Pertunjukan 'Keeper Talk'Kebun Binatang Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KBS kali ini menghadirkan program baru untuk mengisi libur Imlek yaitu Keeper Talk. Keeper Talk merupakan program di mana penjaga kandang akan menjelaskan apa pun terkait hewan yang dijaga.

"Jadi mulai jenisnya, habitatnya, makanannya, masa kawin, dan lain-lain. Di Keeper Talk ini juga akan ada doorprize berupa angpao supaya anak-anak semangat," lanjut Wini.

4. Keeper Talk bertemakan babi rusa menyesuaikan shio

Libur Imlek di Kebun Binatang Surabaya, Ada Pertunjukan 'Keeper Talk'IDN Times/Fitria Madia

Pada Imlek 2019, Keeper Talk di KBS bertema hewan babi rusa. Babi rusa dipilih untuk menyesuaikan shio tahun baru Imlek 2019, yaitu shio babi tanah.

"Selain itu, kami ingin menyampaikan bahwa babi rusa merupakan satwa endemik Indonesia yang mulai langka. Jadi kami menyampaikan hiburan sekaligus edukasi kepada masyarakat," tuturnya.

5. Terdapat pohon angpao di Kebun Binatang Surabaya

Libur Imlek di Kebun Binatang Surabaya, Ada Pertunjukan 'Keeper Talk'IDN Times/Fitria Madia

Tak hanya penampilan kesenian dan Keeper Talk, KBS edisi Imlek ini juga dihiasi pohon angpao. Sayangnya, pengunjung tidak dapat bebas mengambil angpao yang tergantung di pohon tersebut.

"Nanti ada kuisnya. Terus kalau sudah di puncak acara, jeruk kecil-kecil di pohon angpao itu, kami suruh anak-anak untuk mengambilnya, supaya mereka senang karena rebutan seperti itu," pungkasnya.

Baca Juga: Kunjungi Petak Sembilan di Hari Raya Imlek, Anies Borong Cheongsam

Topik:

  • Edwin Fajerial
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya