Comscore Tracker

Lantik 55 Pejabat Pemkot yang Baru, Begini Pesan Wali Kota Risma

ASN seharusnya melayani bukan mempersulit

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, melantik 55 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya, pada Senin (11/2). Salah satunya adalah Agus Imam Sonhaji yang dilantik menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menggantikan Suharto Wardoyo.

Baca Juga: Sirkuit Gelora Bung Tomo, Arena Balap Gratis Milik Pemkot Surabaya 

1. Pesan Risma pada pejabat yang baru dilantik

Lantik 55 Pejabat Pemkot yang Baru, Begini Pesan Wali Kota RismaIDN Times/Fitria Madia

Risma dalam sambutannya berpesan kepada para pejabat baru yang dilantik untuk tidak mengulangi kesalahan yang sempat dilakukan oleh pejabat sebelumnya. Dia juga berpesan agar pejabat baru mempelajari tugas-tugas baru yang diembannya.

"Ayo kita semua belajar. Jangan mengulangi kesalahan yang sama. Kita diajarkan memang tidak ada yang sempurna di dunia ini. Saya pun masih belajar. Kita harus belajar dan jangan sampai jatuh di lubang yang sama kedua kalinya," ujar Risma.

2. Jangan mempersulit masyarakat

Lantik 55 Pejabat Pemkot yang Baru, Begini Pesan Wali Kota RismaIDN Times/Fitria Madia

Selain itu, Risma menegaskan kepada jajarannya agar tidak mempersulit proses administrasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pasalnya ia merasa masih ada praktik tersebut di Surabaya.

"Kalau satu orang bisa dilayani dengan baik maka dia senang, bisa cepet pulang, bekerja, menunggu anaknya di rumah. Tapi kalau kita mempersulit mereka dengan alasan apa pun pasti Tuhan gak terima," tuturnya.

3. Risma pecat lurah dalam seminggu

Lantik 55 Pejabat Pemkot yang Baru, Begini Pesan Wali Kota RismaIDN Times/Fitria Madia

Selain itu, Risma jika mewanti-wanti agar pejabat baru yang dilantik tidak melakukan pelanggaran. Jika tetap melanggar, dia tidak segan-segan untuk memecatnya.

Risma bercerita, telah memecat dua lurah di Surabaya dalam seminggu. "Saya sudah memberikan (fasilitas), kalau mau lebih ya jangan jadi PNS. Banyak daerah yang belajar di sini mau merasakan jadi ASN di Pemkot ini kesejahteraannya," tegasnya.

4. ASN harus melayani masyarakat dengan maksimal

Lantik 55 Pejabat Pemkot yang Baru, Begini Pesan Wali Kota RismaIDN Times/Fitria Madia

Risma mengatakan jika ASN harus melayani masyarakat dengan maksimal. Dia mencontohkan dirinya yang tetap terus bekerja meski kondisi kakinya sedang sakit. Bahkan, karena kondisi kakinya sakit, Risma tetap turun lapangan dengan kursi roda.

"Saya tidak pernah mengejar penghargaan, itu bukan tujuan utama. Tapi, rakyat yang lebih sejahtera itu tujuan saya, karena saya disumpah untuk itu. Tolong teman-teman ayo kita berikan yang terbaik dari diri kita," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Sulap Gelora Pancasila Jadi Museum Olahraga

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You