Kurang dari Sebulan, Museum Olahraga Ditarget Rampung Terbangun

Ngebut nih treng teng teng

Surabaya, IDN Times - Menjelang akhir tahun, Pemerintah Kota Surabaya rupanya masih memiliki satu tunggakan pembangunan. Setelah Museum Pendidikan diresmikan, Museum Olahraga dijadwalkan rampung padaa penghujung tahun 2019.

1. Museum Olahraga ditarget tuntas sebelum tahun 2020

Kurang dari Sebulan, Museum Olahraga Ditarget Rampung TerbangunGedung Gelora Pancasila. IDN Times/Rudy Bastam

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian menjelaskan bahwa ia ditarget untuk mewujudkan pembangunan Museum Olahraga akhir tahun ini. Museum ini terletak di Gedung Olahraga (GOR) Pancasila.

"Ternyata penyerahan asetnya sampai tuntaskan baru bisa dilaksanakan tahun ini. Jadi waktunya terbatas. Biasanya itu kita setahun perencanaan, tahun depannya baru eksekusi," jelas Iman ketika ditemui di kantornya, Selasa (26/11).

2. Pembongkaran sudah dimulai

Kurang dari Sebulan, Museum Olahraga Ditarget Rampung TerbangunKepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian saat ditemui di kantornya, Selasa (26/11). IDN Times/Fitria Madia

Di waktu yang singkat tersebut, Iman bersama timnya berusaha mewujudkan Museum Olahraga yang diinginkan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Beberapa bagian museum juga sudah mulai dalam tahap pembongkaran.

"Ini dibongkar agar view di Lapangan Thor bisa tampak dari luar. Dulu kan kita gak tahu kalau ternyata Thor adalah aset yang sepaket dengan GOR Pancasila. Ini cuma bangunan toilet saja," jelasnya.

3. Konsep Museum Olahraga masih belum matang

Kurang dari Sebulan, Museum Olahraga Ditarget Rampung TerbangunKepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian saat ditemui di kantornya, Selasa (26/11). IDN Times/Fitria Madia

Baca Juga: Museum Pendidikan, Kado Risma Menyambut Hari Guru Nasional

Namun hingga saat ini, Iman masih mengonsep lebih lanjut museum tersebut. Pasalnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata masih belum menyetorkan gambaran matang atas Museum Olahraga. Koleksi-koleksi yang akan dipamerkan pun masih belum terkumpul.

"Orang-orang kan gitu. Baru mau kasih koleksinya ketika museumnya sudah jadi. Sementara kita juga butuh koleksi di awal untuk mengira-ngira bangunan akan dibentuk seperti apa," tuturnya.

4. Dana yang dihabiskan tak sebanyak Museum Pendidikan

Kurang dari Sebulan, Museum Olahraga Ditarget Rampung TerbangunKoleksi Museum Pendidikan. IDN Times/Fitria Madia

Untuk pembangunan Museum Olahraga, Iman masih belum merinci berapa biaya yang dibutuhkan. Ia yakin dana yang dihabiskan tak sebanyak Museum Pendidikan yaitu sebesar Rp1 miliar. Hal ini dikarenakan kondisi bangunan yang masih baik dan listrik yang masih menyala.

"Kita baru membangun pagar pembatas yang menghabiskan Rp120 juta. Ya kira-kira gak sampai Rp1 miliar lah," ungkapnya.

Sementara pengerjaan Museum Olahraga rencananya tidak akan melalui proses lelang. Pihak Pemkot Surabaya akan menggarap museum melalui sebuah Satuan Tugas (Satgas) sama seperti Museum Pendidikan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Sulap Gelora Pancasila Jadi Museum Olahraga

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya