Korban Suami Bakar Rumah, Pemkot Surabaya Terjunkan Tim Psikolog

Rosmala dan anaknya mengalami trauma

Surabaya, IDN Times - Rosmala (37) kini begitu terpukul. Suaminya, Rahmad Zakaria (35) yang selama ini sudah menjadi beban hidupnya dengan kekerasan, malah menambah luka dengan membakar habis rumah mereka, Sabtu (29/2). Untuk membantu menangani Rosmala, Pemerintah Kota Surabaya menerjunkan timnya.

1. DP5A observasi korban kebakaran

Korban Suami Bakar Rumah, Pemkot Surabaya Terjunkan Tim PsikologRosmala (37), korban kebakaran di Jalan Pucangab III. IDN Times/Fitria Madia

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya, Chandra Oratmangun mengatakan bahwa timnya sudah melakukan observasi kepada Rosmala. Hal itu bertujuan untuk mengenali kondisi Rosmala sehingga bisa ditentukan langkah pendampingan selanjutanya.

"Tim saya sudah datangi ke rumah yang bersangkutan tinggali saat ini. Sekarang masih membahas apa saja langkah yang harus kita lakukan," ujar Chandra saat dihubungi IDN Times, Sabtu (29/2).

2. Korban didampingi secara psikologi

Korban Suami Bakar Rumah, Pemkot Surabaya Terjunkan Tim PsikologRumah Rosmala (37) yang dibakar habis suaminya. IDN Times/Fitria Madia

Untuk langkah sementara, Chandra memberikan pendampingan psikologis kepada Rosmala. Melihat rumahnya terbakar di depan mata tentu menjadi peristiwa yang traumatis. Selain itu selama ini Rosmala adalah korban Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT).

"Kita beri pendampingan. Kita berusaha untuk membantu meringankan beban psikologisnya yang sudah ia terima," lanjutnya.

3. Anaknya juga mengalami trauma

Korban Suami Bakar Rumah, Pemkot Surabaya Terjunkan Tim PsikologRumah Rosmala (37) yang dibakar habis suaminya. IDN Times/Fitria Madia

Selain itu, Chandra juga akan memberikan pendampingan kepada dua anak Rosmala yang masih duduk di kelas 8 SMP dan 5 SD. Mereka pun terpapar pengalaman traumatis atas tindakan ayahnya.

"Anak-anaknya juga ya, kita beri pendampingan. Karena mereka masih kecil, tentu ini berat bagi mereka," tuturnya. Memang saat ditemui di lokasi, kedua anak tersebut enggan ke luar dari rumah. Mereka memilih berdiam diri di dalam ruangan.

4. Dijanjikan bantuan renovasi rumah

Korban Suami Bakar Rumah, Pemkot Surabaya Terjunkan Tim PsikologRumah Rosmala (37) yang dibakar habis suaminya. IDN Times/Fitria Madia

Selain bantuan secara psikologis, Pemkot juga menjanjikan bantuan renovasi rumah kepada Rosmala. Ia mengatakan sudah ada pihak Dinas Sosial yang mengukur rumah Rosmala dan dijanjikan renovasi. Ia juga mendapat bantuan berupa sembako.

"Semoga beneran jadi dibantu. Karena kalau renovasi sendiri juga lumayan berat bagi saya," tutur perempuan yang bekerja sebagai pelayan warung nasi ini.

Baca Juga: Tak Terima Dicerai, Rio Bakar Rumah Rosmala hingga Habis

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya