KM Santika Nusantara Terbakar, 111 Orang Diselamatkan

Evakuasi sempat terkendala cuaca

Surabaya, IDN Times - Kapal Motor (KM) Santika Nusantara jurusan Pelabuhan Tanjung Perak-Balikpapan terbakar, Kamis (22/8) malam. Beruntung, 111 pemumpang berhasil dievakuasi pada Jumat (23/8) dengan selamat.

1. Terbakar Kamis malam

KM Santika Nusantara Terbakar, 111 Orang Diselamatkanpixabay.com/PublicDomainPictures

 

Humas Basarnas Surabaya Tholeb Valatehan menjelaskan kapal tersebut terbakar di perairan Masalembu, Sumenep pada Kamis (22/8) sekitar pukul 20.45 WIB. Basarnas pun langsung menerjunkan bantuan dengan KM Bintang Samudera 1 dan KM Dharma Fery 7.

"Benar. KM Santika Nusantara diperkirakan terbakar di perairan Masalembu. Kejadian terbakar sekitar jam 20.45 wib atau kemarin malam," jelas Tholeb melalui pesan singkat, Jumat (23/8).

2. Sebanyak 111 penumpang diselamatkan

KM Santika Nusantara Terbakar, 111 Orang DiselamatkanDok.IDN Times/Istimewa

Hingga saat ini, ujar Tholeb, penyebab kebakaran masih belum diketahui. Namun beruntung 111 penumpang kapal berhasil dievakuasi. Proses evakuasi terjadi dalam 2 gelombang yaitu untuk 53 penumpang dan 58 penumpang.

"Penumpang dewasa 100 orang, penumpang anak 6 orang, dan penumpang bayi 5 orang," lanjutnya. Ke 111 orang ini berhasil dievakuasi pada Jumat (23/8) sekitar pukul 08.00 WIB.

3. Sempat terkendala cuaca

KM Santika Nusantara Terbakar, 111 Orang DiselamatkanIlustrasi cuaca/severe-weather.eu

 

Tholeb menuturkan bahwa pada saat proses evakuasi pihaknya mengalami kendala. Kondisi cuaca yang saat itu berangin dengan gelombang air yang cukup tinggi sempat menghambat proses evakuasi.

"Kantor SAR Surabaya bekerjasama dengan VTS Surabaya guna berkomunikasi dengan kapal-kapal terdekat di sekitar lokasi untuk bantuan evakuasi," imbuhnya.

Baca Juga: Kapal Terbakar di Perairan Balut, 10 Orang Tewas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya