Comscore Tracker

Kereta vs Pajero, Risma: Harusnya Memang Ada Underpass atau Overpass

Tapi pembangunannya gak segampang itu

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini akhirnya buka suara soal kecelakaan yang merenggut tiga korban jiwa di erlintasan rel kereta api Pagesangan yang pada Minggu (21/10). Risma mengatakan bahwa perlintasan rel kereta tersebut memang merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

1. Seharusnya ada overpass atau under pass

Kereta vs Pajero, Risma: Harusnya Memang Ada Underpass atau OverpassDok.IDN Times/Istimewa

Risma mengatakan bahwa perlintasan sebidang yang ada di Pagesangan tersebut memang seharusnya dibangun overpass atau under pass. Namun ia merasa pembangunan overpass atau underpass di kawasan tersebut cukup sulit.

"Saya gak bisa karena itu memang harus ada perlintasan tidak sebidang itu juga cuma masalahnya itu menyangkut tata ruang. Itu kalau diberikan overpass itu ketemunya gimana dulu. Itu yang berat kadang-kadang kita," jelasnya.

Seperti yang diketahui, perlintasan rel kereta sebidang yang bukan dibuka oleh PT KAI sebenarnya tidak diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan.

"Sebenarnya tidak boleh sekarang ada perlintasan sebidang, cuma masalahnya kalau tidak perlintasan sebidang tempatnya nggak ada kalau kita bebaskan. Sudah fix gitu," ujarnya.

Baca Juga: Kereta vs Pajero, Dishub Jatim Pertanyakan Izin Perlintasan Sebidang

2. Pemkot lebih memilih menutup perlintasan rel kereta sebidang

Kereta vs Pajero, Risma: Harusnya Memang Ada Underpass atau OverpassDok.IDN Times/Istimewa

Risma melanjutkan, alternatif lain untuk menyelesaikan permasalahan perlintasan rel kereta api sebidang ini adalah dengan menutup perlintasan rel. Hingga saat ini, Risma mengatakan telah ada 4 titik yang ditutup oleh Pemkot Surabaya.

"Memang ada aturan untuk tidak perlintasan itu sebidang jadi lewat atas atau bawah. Makanya yang kemarin mau kita gunakan kita mau lewat di bawah, Jemursari itu, jadi ada aturannya perlintasan sebidang itu jadi itu kita batasi," terangnya.

3. Pemkot telah memfasilitasi penjaga perlintasan rel kereta.

Kereta vs Pajero, Risma: Harusnya Memang Ada Underpass atau OverpassIDN Times/Fitria Madia

Ia melanjutkan, Pemkot sebenarnya telah menyediakan penjaga rel kereta api di beberapa titik seperti di perlintasan rel Margomulyo dan Margorejo. Namun untuk menambah tenaga memang dirasa cukup sulit.

"Kemarin misal di Margorejo. Gak bisa kita bergantung pada orangnya itu gak bisa. Ada kereta ya jangan diteruskan," tegas Risma.

Baca Juga: Tidak Ada Palang Pintu, 3 Penumpang Pajero Tewas Dihantam Kereta

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You