Kepala Daerah Jarang Kampanyekan Jokowi, Timses Sentil Petinggi Partai

Kepala daerah di Madura harus bergerak

Surabaya, IDN Times - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur, Machfud Arifin, mengatakan jika 31 kepala daerah dalam susunan Timses Jawa Timur belum maksimal kampanyekan Jokowi-Ma'ruf Amin. Hal ini kemudian membuat mesin pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jatim belum bekerja secara maksimal.

1. Kepala daerah dirasa kurang meluangkan waktu untuk kampanyekan Jokowi

Kepala Daerah Jarang Kampanyekan Jokowi, Timses Sentil Petinggi PartaiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Machfud Arifin merasa kepala daerah yang didukung partai koalisi Jokowi-Ma'ruf kurang meluangkan waktunya untuk kampanye. Dia meminta kepada para kepala daerah untuk bisa kampanye secara maksimal.

"Kepada seluruh kepala daerah yang didukung oleh partai koalisi, kami berharap mau meluangkan waktu untuk bisa kembali mengantarkan Pak Jokowi menjadi Presiden," ujarnya saat hadir dalam acara ulang tahun MKGR di Hotel Shangrilla Surabaya, Sabtu (26/1).

2. Sebaiknya kepala daerah memanfaatkan hari libur untuk kampanye

Kepala Daerah Jarang Kampanyekan Jokowi, Timses Sentil Petinggi PartaiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Menurut Machfud, para kepala daerah yang didukung koalisi partai untuk rajin kampanye. Dia menyarankan para kepala daerah itu menggunakan hari Sabtu dan Minggu untuk kampanye, sehingga tak perlu menunggu cuti.

"Sabtu Minggu kan gak perlu izin. Menggiatkan dalam waktu 2 bulan ini saja. Ini bukan sekedar untuk Pak Jokowi tapi untuk Indonesia," harapnya.

3. Machfud juga sentil petinggi partai

Kepala Daerah Jarang Kampanyekan Jokowi, Timses Sentil Petinggi PartaiIDN Times/Istimewa

Oleh karena itu, Machfud akan segera melakukan evaluasi dengan para petinggi partai koalisi Jokowi-Ma'ruf di Jawa Timur. Para petinggi partai itu, menurut Machfud segera mengondisikan kadernya yang menjadi kepala daerah untuk sering kampanye.  

Untuk itu, Machfud akan segera melakukan evaluasi dengan para petinggi-petinggi partai koalisi di Jatim untuk segera mengondisikan kadernya yang menjadi kepala daerah.

"Nanti akan kita koordinasikan. Kami sentil semua ketua partainya. Itu bupatimu yang dari Golkar, bupatimu yang dari PKB, bupatimu yang dari PDIP, ayo jangan diam aja. Ayo berjuang," tutur pria yang pernah menjabat Kapolda Jatim tersebut.

4. Kepala daerah dirasa belum bergerak maksimal

Kepala Daerah Jarang Kampanyekan Jokowi, Timses Sentil Petinggi PartaiIDN Times/Fitria Madia

Menurut Machfud, masih banyak kepala daerah yang belum kampanye. Padahal Machfud berharap besar pada mereka.

"Kami berharapnya begitu. Tapi, kok di spanduk-spanduknya yang dipasang gak keliatan. Belum nampak di Bojonegoro, Tuban, di mana-mana," sesalnya.

5. Kepala daerah di Madura seharusnya menunjukkan sikap

Kepala Daerah Jarang Kampanyekan Jokowi, Timses Sentil Petinggi PartaiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain itu, Machfud meminta kepala daerah yang ada di Pulau Madura lebih aktif berkampanye. Apalagi, kata dia, Jokowi-Ma'ruf masih kalah dari Pabowo-Sandiaga Uno di Madura.

Selain itu, Pulau Madura sebagai salah satu daerah di mana elektabilitas Jokowi-Maruf masih kalah dibanding dengan Prabowo-Sandiaga, kepala daerahnya juga merupakan anggota TKD Jatim.

"Di Madura itu PKB semua, Sumenep dan Pamekasan. Jangan kalah sama preman. Iya kan? Betul. Harus berani menunjukkan sikap," tegasnya.

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya