Comscore Tracker

Kemenkes Minta Pemprov Jatim Tak Sambut Kepulangan Warga dari Natuna

Khofifah juga tak akan datang ke Juanda

Surabaya, IDN Times - 65 warga Jawa Timur yang diobservasi di Pulau Natuna akan tiba di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo besok Sabtu (15/2). Sebelumnya mereka dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok atas maraknya penyebaran virus Corona. Namun, Gubernur Jatim Khofifah menegaskan bahwa tidak akan ada acara penyambutan saat mereka tiba di Juanda.

1. Langsung dijemput keluarga masing-masing setibanya di Juanda

Kemenkes Minta Pemprov Jatim Tak Sambut Kepulangan Warga dari NatunaGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. IDN Times/ Fitria Madia

Khofifah menambahkan, baik dirinya pribadi maupun secara institusi pemprov Jatim, tidak akan menyambut warga yang pulang dari Natuna. Kemenkes yang meminta agar tidak ada penyambutan. Jadi, 65 warga Jatim itu akan langsung dijemput keluarga dan pulang ke rumah masing-masing.

"Kami dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan untuk tidak melakukan penyambutan secara institusional, jadi yang menyambut adalah keluarga dari WNI yang sudah selesai karantina di Natuna. Itu yang dikonfirmasi sampai dengan sore ini," ujarnya di Kantor PW Muhammadiyah Jatim, Jumat (14/2).

2. Enggan beberkan alasan larangan penyambutan

Kemenkes Minta Pemprov Jatim Tak Sambut Kepulangan Warga dari NatunaSejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) beraktivitas di Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, saat masa observasi pascaevakuasi dari Wuhan China di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Ketika ditanya alasan pelarangan penyambutan warga yang dikarantina di Pulau Natuna itu, Khofifah mengalihkan pembicaraan. Ia enggan menyampaikan apa alasan pihaknya tidak menyambut warganya yang diyatakan bebas dari virus Corona tersebut.

"Pokoknya begini lah. Dari Kemenkes meminta kami tidak melakukan penyambutan secara institusional. Wes wes (sudah sudah)," ungkapnya ketika ditanyai alasan.

Baca Juga: Besok 65 Warga Jatim Pulang dari Natuna, Khofifah: Semua Sehat

3. Yang penting mereka sehat

Kemenkes Minta Pemprov Jatim Tak Sambut Kepulangan Warga dari NatunaPetugas medis mengarahkan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang telah disemprot cairan disinfektan setibanya di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2). ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI

Yang pasti, Khofifah memastikan bahwa 65 warganya dalam keadaan sehat. Mereka telah diobservasi selama 13 hari dan dinyatakan tidak membawa virus Corona dari Wuhan, Tiongkok. Ia pun berpesan agar masyarakat tidak khawatir berlebihan kepada mereka.

"Artinya, semua hal yang kita lakukan berseiring dengan upaya menjaga, supaya tidak ada kekhawatiran masyarakat terutama warga sekitar di mana saudara kita yang baru kembali ini. Gak usah khawatir karena mereka sudah mendapatkan surat dari Kementerian Kesehatan. Surat keterangan sehat," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Langkah Unesa untuk Menyambut 9 Mahasiswanya dari Natuna

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya