Keluarga Menanti Kolonel Harry yang Hilang Bersama KRI Nanggala-402

Harry adalah Dansatsel Koarmada II

Sidoarjo, IDN Times - Halaman rumah Kolonel Laut (P) Harry Setyawan di komplek perumahan TNI AL Tebel, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo pada Jumat (23/4/2021) mulai ramai. Beberapa sanak keluarga tiba di rumah bercat putih itu. Mobil-mobil hitam berpelat F terparkir di depannya.

Mereka bersiap menerima kabar terbaru tentang keberadaan Harry yang dinyatakan hilang bersama kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan utara Bali, sejak Rabu (21/4/2021).

Mata Ida Faida memancarkan kelelahan. Ia baru tiba di rumah itu pada pukul 07.30 WIB. Perjalanan berjam-jam ia tempuh dari Depok, Jawa Barat untuk mendatangi kediaman anak lelakinya, Kolonel Harry. Ida masih menanti kabar terbaru dari regu pencarian mengenai keberadaan putranya itu.

Baca Juga: [BREAKING] Oksigen Tersisa 15 Jam, Pencarian KRI Nanggala-402 Dimaksimalkan

1. Komunikasi terakhir pada hari Senin

Keluarga Menanti Kolonel Harry yang Hilang Bersama KRI Nanggala-402Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Komando Armada (Koarmada) II Kolonel Laut (P) Harry Setyawan. (instagram.com/harrysetyawan43)

Ida mengingat, Harry berpamitan kepadanya pada hari Senin (19/4/2021) melalui sambungan telepon. Seperti biasa, jika Harry hendak bertugas, ia selalu berpamitan kepada sang Ibunda. Doa ibu menjadi bekal Harry untuk kuat mengarungi lautan Indonesia. Tak terbesit kekhawatiran apa pun di benak Ida terhadap anaknya itu.

"Mama, doain, ya. Mau berlayar nih. Semoga lancar gak ada halangan sama sehat sampai pulang ke pangkalan," ujar Ida menirukan pesan Harry ketika diwawancara, Jumat (23/4/2021).

2. Awalnya tak sadar anaknya ikut kapal yang hilang

Keluarga Menanti Kolonel Harry yang Hilang Bersama KRI Nanggala-402Kapal Selam KRI Nanggala-402. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Ida tak tahu ternyata pesan Harry itu merupakan pesan terakhir sebelum anaknya menghilang bersama kapal selam KRI Nanggala-402. Ketika berita mengenai hilangnya kapal muncul di berbagai media, ia masih tak menyadari bahwa putranya turut ada dalam kapal tersebut. Barulah keluarga di Sidoarjo mengabari bahwa Harry tengah menjadi penumpang non ABK kapal itu. Seperti tersambar petir, Ida kalut tak mengetahui kabar keberadaan anaknya.

"Sampai sekarang belum ada (kabar lebih lanjut)," ungkapnya.

3. Sosok anak berbakti dan pekerja keras

Keluarga Menanti Kolonel Harry yang Hilang Bersama KRI Nanggala-402Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Komando Armada (Koarmada) II Kolonel Laut (P) Harry Setyawan. (dok. IDN Times/Istimewa)

Di mata Ida, Harry adalah seorang anak pekerja keras. Ketekunan Harry dalam meniti karir terbukti dari peningkatan jabatannya yang lumayan cepat. Terbaru, ia kini menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Komando Armada (Koarmada) II yang membawahi seluruh kapal selam di Koarmada II. Jabatan baru ini baru diemban Harry sejak 6 Maret 2021.

"Kalau mau ke mana-mana atau mau ngapain itu selalu lapor. Doain ya, Ma. Begitu," sebut Ida.

Kini, Ida beserta keluarga masih menunggu kabar terbaru pencarian kapal selam KRI Nanggala-402. Kabar terbaru, oksigen yang tersisa di kapal selam tersebut hanya cukup untuk beberapa jam ke depan. Kapal selam berisi 53 orang itu juga sudah tidak lagi mengeluarkan pergerakan atau pun suara.

Baca Juga: Mengenal Dansatsel Kolonel Harry Setyawan, Ikut di KRI Nanggala-402

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya