Comscore Tracker

Kebakaran Rumah di Girilaya, Seorang Nenek Tewas Terjebak di Kamar

Jasadnya tertindih atap

Surabaya, IDN Times - Kebakaran sebuah rumah di Jalan Girilaya, Surabaya menelan satu korban jiwa, Selasa (3/11/2020).  Adalah Endang Mucraeni (67), seorang perempuan berusia lanjut yang diduga terlambat menyelamatkan diri saat kebakaran terjadi.

1. Kebakaran terjadi sekitar pukul 06.47 WIB

Kebakaran Rumah di Girilaya, Seorang Nenek Tewas Terjebak di KamarPetugas pemadam kebakaran memadamkan api di Jalan Girilaya, Surabaya, Selasa (3/11/2020). Dok. Dinas PMK Kota Surabaya

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Dedik Irianto menjelaskan, kebakaran ini dilaporkan oleh warga ke command center pada pukul 06.47 WIB. Enam menit kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran dari Pos Grudo dan Pos Pakis TVRI.

"Kami langsung respon meluncurkan dua unit pemadam kebakaran ke lokasi. Tiba di sana pukul 06.53 WIB. Jadi cuma 6 menit sudah tiba," ujar Dedik saat dihubungi IDN Times.

2. Pemadaman sulit karena gang sempit

Kebakaran Rumah di Girilaya, Seorang Nenek Tewas Terjebak di KamarPetugas pemadam kebakaran memadamkan api di Jalan Girilaya, Surabaya, Selasa (3/11/2020). Dok. Satpol PP Kota Surabaya

Pemadaman pun berlangsung cukup sulit lantaran gang yang sempit dan hanya bisa dilalui unit walang kadung yaitu sepeda motor. Jarak rumah dari gang lebar pun cukup jauh yaitu sekitar 200 meter. Sebagai solusi, pemadaman dilakukan melalui sisi belakang rumah yang bisa dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran.

"Kami tembak (padamkan air) dari belakang, karena api juga besarnya di belakang," lanjutnya.

Baca Juga: Kebakaran Besar Gudang Mebel di Simorejo, 24 Pemadam Diterjunkan

3. 16 unit mobil PMK dikerahkan untuk padamkan api

Kebakaran Rumah di Girilaya, Seorang Nenek Tewas Terjebak di KamarKebakaran di Jalan Girilaya, Surabaya, Selasa (3/11/2020). Dok. Satpol PP Kota Surabaya

Api pun berkobar besar. Kondisi rumah yang berhimpitan dengan rumah lain membuat petugas bergerak semakin cepat agar api tak merembet ke tetangganya. Dibutuhkan 16 unit mobil pemadam kebakaran dan 2 tangki air bantuan lain agar akhirnya bisa menaklukkan si jago merah.

"Kami berhasil padamkan apinya 16 menit kemudian. Jadi api pokok sudah padam. Tinggal kami lakukan pembasahan karena masih banyak asap," imbuhnya.

4. Ditemukan satu korban meninggal dunia

Kebakaran Rumah di Girilaya, Seorang Nenek Tewas Terjebak di KamarIlustrasi penemuan jenazah, IDN Times/ istimewa

Namun ketika dilakukan pembasahan, barulah terlihat sesosok jenazah yang sudah hangus meringkuk di dalam rumah tersebut. Padahal menurut warga sekitar, penghuni rumah sudah menyelamatkan diri ke rumah saudaranya yang terletak persis di belakang rumah tersebut.

"Saat itu teman-teman petugas menemukan jenazah yang tertindih atap. Akhirnya dilaporkan satu orang meninggal dunia," ungkapnya.

Baca Juga: Kebakaran Rumah 4 Lantai di Kapas Krampung, Api Berasal dari AC

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya