Comscore Tracker

Kebakaran Rumah 4 Lantai di Kapas Krampung, Api Berasal dari AC

Butuh 10 unit mobil PMK untuk atasi kebakaran

Surabaya, IDN Times - Sebuah rumah berlantai empat di Jalan Kapas Krampung, Surabaya terbakar, Sabtu (31/10/3020). Kebakaran ini berasal dari pendingin ruangan (AC) yang diperkirakan mengalami korsleting hingga menimbulkan api dan merambat ke seluruh bagian lantai 3. Beruntung, api bisa segera dipadamkan.

1. Kebakaran dilaporkan pukul 05.30 WIB

Kebakaran Rumah 4 Lantai di Kapas Krampung, Api Berasal dari ACAsap hitam mengepul dari rumah yang terbakar di Kapas Krampung, Surabaya, Sabtu (31/10/2020). Dok. Dinas PMK Kota Surabaya

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran, Bambang Vistadi menjelaskan bahwa awalnya mereka mendapatkan kabar kebakaran tersebut sekitar pukul 05.30 WIB. Lima menit kemudian, Unit Tempur Pemadam Kebakaran Rayon II Tambak Rejo sudah tiba di tempat dan melakukan pemadaman api.

"Ada warga yang melaporkan ke command center 112 kalau ada kebakaran di Kapas Krampung, sebelahnya BCA Kapas Krampung," ujar Bambang.

2. Kebakaran padam tak sampai sejam

Kebakaran Rumah 4 Lantai di Kapas Krampung, Api Berasal dari ACPetugas pemadam kebakaran masuk ke dalam rumah yang terbakar di Kapas Krampung, Surabaya, Sabtu (31/10/2020). Dok. Dinas PMK Kota Surabaya

Beberapa menit kemudian api pokok sudah berhasil dipadamkan. Setelah itu proses pembasahan dilakukan hingga situasi dinyatakan kondusif pada pukul 06.21 WIB. Untuk memadamkan kebakaran ini diperlukan 10 unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran.

"Memang cukup sulit untuk memadamkannya, jadi butuh 10 unit. Tapi syukurlah kami bisa padamkan dengan cepat," tuturnya.

Baca Juga: Roda Mobil Lepas Picu Kebakaran, Tembakau Seharga Rp45 Juta Ludes 

3. Api berasal dari AC

Kebakaran Rumah 4 Lantai di Kapas Krampung, Api Berasal dari ACPetugas pemadam kebakaran masuk ke dalam rumah yang terbakar di Kapas Krampung, Surabaya, Sabtu (31/10/2020). Dok. Dinas PMK Kota Surabaya

Setelah diidentifikasi, api utama diketahui berasal dari sebuah AC yang terletak di kamar lantai 3. Beruntung saat itu penghuni rumah bisa bergerak cepat menyelamatkan diri dari kebakaran pagi hari tersebut. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat jilatan si jago merah ini.

"Luas bangunan keseluruhan kurang lebih 5 kali 15 meter. Yang terbakar sekitar 20 meter persegi," tutup Bambang.

Baca Juga: Kebakaran Besar Gudang Mebel di Simorejo, 24 Pemadam Diterjunkan

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya