Kapolestabes Surabaya Baru, Pria Salatiga Pecinta Keluarga

Ia adalah lulusan terbaik Akpol angkatan 1995

Surabaya, IDN Times - Kota Surabaya baru saja menerima pejabat baru yaitu Kapolrestabes Surabaya. Ia adalah Kombes Pol Sandi Nugroho yang menggantikan Kombes Pol Rudi Setiawan setelah 18 bulan masa baktinya di Kota Surabaya. Sandi resmi menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya setelah melalui prosesi serah terima jabatan di Mapolda Jatim, Selasa (7/5).

 

1. Sandi merupakan kelahiran Salatiga

Kapolestabes Surabaya Baru, Pria Salatiga Pecinta KeluargaDokumentasi Humas Polda Jatim

Sandi merupakan pria kelahiran Kota Salatiga, Jawa Tengah. Ia lahir pada 1 Juli 1973. Bersama istrinya Eka Leny Sidik, ia dikaruniai 4 orang anak. Sebelum menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya, ia pernah juga menjadi Kapolres Bandung pada 2011 dan Kapolrestabes Medan pada tahun 2016.

"Ini baru pertama tugas di Jatim. Asli dari Salatiga," ujarnya usai sertijab.

Baca Juga: Surabaya Jalani PSU, Kapolrestabes Keliling Pastikan Keamanan Kota

2. Ia adalah lulusan terbaik Akpol 1995

Kapolestabes Surabaya Baru, Pria Salatiga Pecinta KeluargaDokumentasi Humas Polda Jatim

 

Pria ini merupakan jebolan akademi kepolisian (Akpol) tahun 1995. Saat lulus, Sandi menyandang gelar Adhi Makayasa atau lulusan terbaik dari Akpol pada angkatannya tersebut. Meski merupakan lulusan terbaik, namun Sandi tidak menyombongkan hal tersebut menghormati Rudi sebagai pendahulunya.

"Rudi, saya akan meneruskan kebijakan-kebijakan beliau yang sudah di apresiasi oleh pimpinan sehingga bisa menjadi Wakapolda Lampung. Bagi kami Rudi adalah guru tauladan harus kami pedomani dan menjadikan semangat dalam bekerja," ujarnya.

3. Berada di bidang reserse

Kapolestabes Surabaya Baru, Pria Salatiga Pecinta KeluargaDokumentasi Humas Polda Jatim

 

Sandi merupakan anggota Polri yang handal dalam bidang reserse. Tercatat, ia pernah beberapa kali menjabat di bidang reserse yaitu sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri, Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri, Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri, dan Wadirreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Nanti saya di Surabaya saya akan ke kantor dulu, karena kan belum tahu kantor. Belum tahu jadwal seperti apa. Insya Allah kita akan melakukan kegiatan positif untuk masyarakat, bisa merasakan surabaya aman," ungkapnya.

4. Seorang ayah dan suami yang sayang keluarga

Kapolestabes Surabaya Baru, Pria Salatiga Pecinta KeluargaDokumentasi Humas Polda Jatim

 

Meski seorang anggota polisi yang telah melanglang buana, Sandi tetap seorang suami dan ayah yang menyayangi keluarganya. Salah satu bentuk rasa sayangnya terhadap keluarga, ia menghabiskan momen buka puasa pertama di Surabaya bersama keluarga.

"Kemarin menu favorit kolak dan blewah. Makanannya rujak cingur. Katanya gak boleh kan perutnya sakit, tapi alhamdulillah gak apa-apa. Dulu pernah coba tapi kemarin pas buka pengen cobain lagi. Alhamdulillah memang wenak e pol," pungkasnya diikuti gelak tawa.

Baca Juga: Sertijab Kapolrestabes, Rudi Titipkan Bonek hingga Sinergi dengan TNI

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya