Kapal Terbalik Usai Tabrakan di Perairan Gresik, 5 ABK Hilang

Saat ini proses pencarian masih berlangsung

Surabaya, IDN Times - Sebuah kecelakaan laut berupa tabrakan antar kapal terjadi di perairan Gresik, Sabtu (23/1/2021). Akibatnya, salah satu kapal terbalik dan 5 anak buah kapal (ABK) masih dinyatakan hilang. Hingga berita ini ditulis, proses pencarian masih dilakukan.

1. Kapal TB dan tongkang tiba-tiba ditabrak dari depan

Kapal Terbalik Usai Tabrakan di Perairan Gresik, 5 ABK HilangDokumentasi Istimewa

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko menjelaskan, peristiwa ini terjadi pada Sabtu (23/1/2021) pukul 03.14 WIB. Awalnya, Tug Boat (TB) Mitra Jaya XIX yang menarik kapal tongkang (TK) Makmur Abadi V tujuan Pelabuhan Gresik memasuki area Bouy 3 wilayah pengeboran milik WMO (APBS) di Perairan Gresik. Tiba-tiba Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar menabrak TB Mitra Jaya dari arah depan.

"Akibat tabrakan tersebut, TB Mitra Jaya sempat hilang kontak," ujar Gatot saat dikonfirmasi.

2. Kapal TB sempat hilang kontak ternyata terbalik

Kapal Terbalik Usai Tabrakan di Perairan Gresik, 5 ABK HilangDokumentasi Istimewa

Setelah mendapatkan informasi adanya kecelakaan tersebut, petugas gabungan yang terdiri dari Dirpolair Polda Jatim, Tim SAR, dan TNI AL langsung bergegas ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Ternyata, TB Mitra Jaya XIX diketahui terbalik. Sementara TK Makmur Abadi V mengalami luka robek di bagian lambung kapal.

"Selanjutnya tongkang yang mengalami kemiringan dan bocor tersebut dievakuasi oleh kapal lain milik perusahaan tersebut untuk dicarikan tempat yang aman," lanjut Gatot.

Hingga saat ini diketahui awak kapal TB Mitra Jaya XIX sebanyak 8 orang dengan rincian 2 orang diselamatkan kapal perusahaan, 1 orang diselamatkan nelayan yang melintas, sementara 5 lainnya hilang. Sedangkan 2 ABK TK Makmur Abadi V dinyatakan selamat.

“3 korban selamat telah dibawa ke Kantor Syahbandar Gresik oleh KN 365 milik KPLP Gresik dan hingga saat ini kami masih melakukan pencarian atas 5 POB (person on boat) TB Mitra Jaya XIX yang lain,” ujar nahkoda KN SAR Antasena dari SAR Surabaya.

3. Penyebab tabrakan masih diselidiki

Kapal Terbalik Usai Tabrakan di Perairan Gresik, 5 ABK HilangIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga saat ini, Gatot belum mengetahui apa penyebab tabrakan antara dua kapal tersebut. KM Tanto Bersinar pun sudah diamankan oleh AL KRI yang ketika itu kebetulan tengah berpatroli di sekitar lokasi kejadian.

"Penyebab tabrakan kapal masih dalam proses penyelidikan. Semoga POB lainnya bisa segera ditemukan," tutup Gatot.

Baca Juga: Kapal Tanker Minyak di Jeddah Diserang Kapal Sarat Bom

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya