Kakek Tewas Terbakar, Diduga Karena Bakar Sampah dalam Kamar

Kakek ini menderita katarak dan kelumpuhan

Surabaya, IDN Times - Seorang kakek ditemukan terpanggang di rumahnya Jalan Kedinding Tengah III B, Surabaya, Jumat (9/8). Kakek yang tinggal seorang diri ini diduga tewas saat kebakaran lantaran kebiasaannya membakar sampah dalam rumah.

 

1. Kebakaran terjadi dini hari

Kakek Tewas Terbakar, Diduga Karena Bakar Sampah dalam KamarDok.IDN Times/Istimewa

 

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto menjelaskan bahwa korban bernama Kastumin (70). Ia tinggal seorang diri di dalam rumahnya yang berukuran 21 meter persegi. Para tetangga mendengar korban berteriak minta tolong pada pukul 04.00 WIB.

"Korban teriak-teriak. Ketika warga pada keluar shubuh itu sekitar jam 4. Namun sayangnya kondisi api sudah membesar," ujar Agus di Mapolres Tanjung Perak, Jumat (9/8).

2. Korban tewas terpanggang

Kakek Tewas Terbakar, Diduga Karena Bakar Sampah dalam KamarDok.IDN Times/Istimewa

 

Akhirnya Unit Pemadam Kebakaran tiba di lokasi pada pukul 04.30 WIB. Namun sayang, nyawa Kastumin tak terselamatkan. Rumah Kastumin yang terbuat dari anyaman bambu juga ludes terbakar. Hingga saat ini baik PMK dan kepolisian belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut

"Kita tetap melaksanakan olah TKP dan mencari asal muasal api dari mana. Kita juga butuh laporan dari labfor," lanjut Agus.

3. Korban kerap membakar sampah di dalam kamar

Kakek Tewas Terbakar, Diduga Karena Bakar Sampah dalam KamarDok.IDN Times/Istimewa

 

Agus mengungkapkan fakta yang ditemui timnya di lapangan. Rupanya Kastumin memiliki kebiasaan untuk membakar sampah bungkus makanan di dalam kamarnya. Tetangganya pun sudah 2 kali memergoki kamar Kastumin hampir terbakar. Namun 2 kebakaran kecil tersebut berhasil dipadamkan oleh warga.

"Sebulan yang lalu sama kejadiannya. Sekitar sore korban teriak-teriak. Korban merokok dan membakar sampah bekas makanan itu di dalam kamarnya. Sampai akhirnya tetangga merapat dan dipadamkan. Terakhir sekitar seminggu lalu sama seperti ini juga. Belum sempat membesar tapi sudah dipadamkan," jelasnya.

Baca Juga: Kebakaran Rumah di Sampang Tewaskan Seorang Perempuan

4. Diduga jadi faktor penyebab kebakaran

Kakek Tewas Terbakar, Diduga Karena Bakar Sampah dalam KamarDok.IDN Times/Istimewa

 

Agus menduga kebiasaan korban tersebut menjadi penyebab kebakaran yang terjadi pagi tadi. Pasalnya korban juga diketahui menderita gangguan pengelihatan berupa katarak dan kelumpuhan. Namun penyelidikan masih ia lakukan hingga saat ini.

"Kalau dari kesanksian api asalnya dari dalam. Apa ini ada hubungannya dari kejadian sebulan dan seminggu lalu? Kita akan coba timeline dan kolerasi kejadian-kejadian tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Kebakaran Sudah Padam, BPBD Cabut Status Tanggap Darurat Gunung Arjuno

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya