Jenazah Thoriq Dievakuasi, Ditemukan di Pohon Dasar Tebing

Rumah sakit memastikan jasad tersebut jenazah Thoriq

Surabaya, IDN Times - Jenazah Thoriq Rizky Maulidan (16) akhirnya berhasil dievakuasi dari dasar tebing Gunung Piramid, Sabtu (6/7). Thoriq merupakan pendaki yang telah dinyatakan hilang sejak 13 hari lalu.

1. Dibawa ke RSUD dr Koesnadi

Jenazah Thoriq Dievakuasi, Ditemukan di Pohon Dasar TebingIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

 

Komandan tim operasi Pos BASARNAS Jember, Rudy Prahara menjelaskan bahwa jenazah tersebut berhasil dievakuasi pada pukul 16.00 WIB. Ketika sampai di pos 1, posko paling bawah Gunung Piramid, jenazah tersebut langsung dibawa ke RSUD dr Koesnadi Bondowoso.

"Sudah selesai. Sudah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan. Tim gabungan juga sudah membawa ke posko 1," ujar Rudy ketika dihubungi IDN Times.

2. Pakaian mirip milik Thoriq

Jenazah Thoriq Dievakuasi, Ditemukan di Pohon Dasar TebingIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

 

Rudy menjelaskan bahwa jenazah tersebut memiliki ciri-ciri yang serupa dengan Thoriq ketika terakhir kali bersama teman-temannya. Ciri-ciri tersebut antara lain jaketnya yang berwarna biru dan celana jeans yang masih menempel pada tubuh jenazah tersebut.

"Kalau wajahnya kita tidak melihat karena keadaannya sudah bengkak dan langsung dimasukkan ke kantong jenazah. Kita tidak buka-buka kantongnya itu," imbuhnya.

3. Ditemukan tersangkut di pohon

Jenazah Thoriq Dievakuasi, Ditemukan di Pohon Dasar TebingIlustrasi pendaki/Pixabay.com/Eknbg

 

Lebih lanjut, Rudy menerangkan bahwa jenazah itu ditemukan tersangkut di antara dahan-dahan ranting. Proses evakuasi menggunakam teknik lifting pun digunakan untuk mengambil jenazah tersebut.

"Posisinya tertelungkup. Di pohon-pohon itu," tuturnya.

4. Identifikasi yang dilakukan rumah sakit membenarkan jenazah Thoriq

Jenazah Thoriq Dievakuasi, Ditemukan di Pohon Dasar TebingIlustrasi pendaki/IDN Times/Nofika Dian Nugroho

 

Kabar terbaru menyebutkan bahwa identifikasi yang dilakukan oleh pihak rumah sakit sudah rampung. Hasilnya, jenazah yang ditemukan tadi pagi memang jasad Thoriq.

Sebelumnya, Thoriq dinyatakan hilang sejak Minggu (23/6) ketika mendaki bersama tiga orang temannya. Proses pencariannya selama 7 hari sempat dihentikan namun kembali dilanjutkan pada 1 Senin (1/7). Dugaan jenazahnya pun ditemukan pada Jumat (5/7) di tebing Gunung Piramis. Proses evakuasi yang melibatkan ratusan personel pun berjalan ekstrem.

Baca Juga: Jasad Diduga Jenazahnya Ditemukan, Ini Perjalanan Thoriq Saat Mendaki

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya