Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup Total, Risma Warga Bersabar

Terkait pengerjaan proyek Alun-alun Surabaya

Surabaya, IDN Times - Jalan Yos Sudarso akan segera ditutup secara penuh untuk pelaksanaan proyek Alun-alun Surabaya. Penutupan ini memberikan dampak langsung baik terhadap kondisi lalu lintas dan perekonomian di sekitar Jalan Yos Sudarso.

 

 

1. Jalan Yos Sudarso ditutup total mulai 31 Agustus

Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup Total, Risma Warga BersabarDok.IDN Times/Istimewa

 

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Surabaya Iman Kristian menjelaskan bahwa Jalan Yos Sudaso akan mulai ditutup pada 31 Agustus 2018. Penutupan ini untuk penggalian basement Alun-alun Surabaya.

"Ada pengerjaan basement, pembuatan dinding keliling, plat atap basemen, dan penggalian bawah tanah," jelas Iman di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Selasa (27/8).

2. Penutupan selama 4 hingga 6 bulan

Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup Total, Risma Warga BersabarDok.IDN Times/Istimewa

 

Iman melanjutkan, penutupan ini diperkirakan berlangsung selama empat hingga 6 bulan sehingga baru bisa diaktifkan kembali setidaknya pada Februari 2020. Sebagai proyek multiyears, Alun-alun Surabaya diperkirakan tuntas pada Desember 2020.

"Kami usahakan tidak akan molor. Februari tahun depan Jalan Yos Sudarso sudah akan dapat dilalui kembali," yakinnya.

3. Beberapa perkantoran terdampak

Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup Total, Risma Warga BersabarIDN Times/Fitria Madia

 

Pada penutupan ini Iman mengaku beberapa pertokoan dan perhotelan yang terletak di Jalan Yos Sudaso akan terdampak. Pihaknya sudah mendata persil-persil terdampak dan mencarikan alternatif agar mereka dapat beraktivitas meski jalan ditutup.

"Ada sekitar 6 persil. 1 perbankan, 1 es krim, 1 klinik, perhotelan. Akses ke sana ada yang kita buatkan akses dari Taman Simpang, kita lakukan pembersihan. Rekayasa melalui Ketabang Kali dari Jalan Undaan atau Ambengan," jelasnya.

Baca Juga: Proyek Alun-alun Surabaya Masuk Tahap Pemindahan Utilitas

4. Risma meminta pengertian warga

Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup Total, Risma Warga BersabarDok.IDN Times/Istimewa

 

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyadari akan banyak warganya yang terdampak penutupan Jalan Yos Sudarso sebagai salah satu jalan utama. Namun ia mengingatkan pengorbanan warga untuk menempuh jalan sedikit memutar tersebut demi kepentingan Kota Surabaya.

"Nanti itu jadi di bawah bisa kaya alun-alun besar, anak-anak bisa bermain menari, aktivitas skate disitu dibawah nanti luas kaya lapangan kita kan gak punya kaya gitu di tengah kota. Mau ada perubahan pasti ada pengorbanan, ini bukan hanya untuk ditengah kota," pesannya.

Baca Juga: Molor Lagi, Pengerjaan Alun-alun Surabaya Temui Kendala

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya