Istilah Baru, Pemkot Surabaya Buat Rumah Sehat di Kelurahan-kelurahan

Rumah Sehat sebagai lokasi isolasi pasien OTG

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya kali ini mengganti sebutan tempat isolasi di masing-masing kelurahan menjadi Rumah Sehat. Dalam Rumah Sehat ini, berbagai fasilitas disiapkan untuk menunjang kesembuhan para pasien COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan.

1. Griya Mulyorejo Sehat jadi Rumah Sehat di Kelurahan Mulyorejo

Istilah Baru, Pemkot Surabaya Buat Rumah Sehat di Kelurahan-kelurahanPersiapan Rumah Sehat di Mulyorejo. Dok Humas Pemkot Surabaya

Salah satu Rumah Sehat yang disiapkan adalah bekas Gedung Kantor Kelurahan Mulyorejo di Jalan Mulyorejo Utara No 201. Gedung kosong ini rencananya menjadi pusat isolasi bagi warga Kelurahan Mulyorejo yang terpapar COVID-19. Dengan demikian, penularan terhadap keluarga atau tetangga sekitarnya bisa terhindar.

"Selalu saya sampaikan bahwa setiap kelurahan itu ada tempat untuk sehat dari COVID-19. Jadi istilahnya kalau di sini adalah Griya Mulyorejo Sehat. Jadi ketika di Kelurahan Mulyorejo ada warga tes rapid antigennya positif, maka dia bisa di Griya Mulyorejo Sehat," ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Sabtu (24/7/2021).

2. Dilengkapi fasilitas hiburan dan olahraga

Istilah Baru, Pemkot Surabaya Buat Rumah Sehat di Kelurahan-kelurahanPersiapan Rumah Sehat di Mulyorejo. Dok Humas Pemkot Surabaya

Rumah Sehat ini dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang agar para pasien tidak bosan seperti meja pimpong, bulu tangkis, dan instruktur senam. Selain untuk menjaga kebugaran para pasien, hiburan-hiburan juga dibutuhkan agar imunitas pasien bisa meningkat sehingga lekas sembuh.

"Insya allah di sinilah nanti kita jadikan tempat untuk berkumpul bersama dengan bahagia. Kita sediakan tempat untuk bulu tangkis, ada untuk meja pimpong, setelah itu nanti ada guru senam," tutur Eri.

Baca Juga: Surabaya Buat Tempat Isolasi Pasien COVID-19 di Tiap Kelurahan

3. Rumah Sakit sebagai upaya pencegahan klaster keluarga

Istilah Baru, Pemkot Surabaya Buat Rumah Sehat di Kelurahan-kelurahanPersiapan Rumah Sehat di Mulyorejo. Dok Humas Pemkot Surabaya

Eri menerangkan, Rumah Sehat ini merupakan upaya kuratif dan preventif untuk menekan angka kasus COVID-19. Jika pasien yang isolasi mandiri dipindahkan ke pusat isolasi, maka potensi penularan terhadap keluarganya bisa dicegah. Apalagi terhadap warga yang rumahnya tak layak untuk isolasi mandiri.

"Ketika COVID-19 ini terjadi, jangan sampai ketika rumah tidak memenuhi syarat, maka akan muncul klaster keluarga. Itulah (warga yang sakit) yang kita ambil, sehingga semuanya bisa menjadi satu di sini (rumah sehat)," ungkapnya.

Eri menuturkan, Rumah Sehat ini bertujuan demi keselamatan bersama. Pihaknya juga memastikan keamanan dan pencegahan penularan terhadap warga sekitar. Ia berharap, tidak ada lagi penolakan pusat isolasi yang ada di kelurahan-kelurahan.

"Jadi di masing-masing kelurahan kita bentuk, bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk keluarga kita di kelurahan itu. Sehingga nanti ada rumah sehat COVID-19 di tempat-tempat lainnya. Ini adalah untuk menolong warga di kelurahan itu jangan sampai terlambat mendapatkan pertolongan pertama," pungkasnya.

Baca Juga: Pasien Isoman di Blitar Dapat Makan Gratis dari Rumah Makan Ini   

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya