Comscore Tracker

Innalillahi, Tokoh NU dari Madura KH Nuruddin Meninggal Dunia di RSUA

Belum tahu penyebab meninggalnya

Surabaya, IDN Times - Kabar duka datang dari pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur. Wakil Rais Syuriyah Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jatim, KH M Nuruddin A Rahman meninggal dunia pada Jumat (8/1/2021) malam.

1. Nuruddin meninggal dunia kemarin

Innalillahi, Tokoh NU dari Madura KH Nuruddin Meninggal Dunia di RSUAIlustrasi Logo NU (Nahdlatul Ulama) (Dok. ANTARA News)

Kabar wafatnya Nuruddin tersiar sejak Jumat malam melalui pesan WhatsApp. Ketua Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jawa Timur, Syaiful Amin membenarkan kabar wafatnya Nuruddin tersebut.

"Beliau wafat pada hari Jumat 8 Januari 2021, Pukul 22.45 WIB,” ujar Syaiful, Sabtu (9/1/2021).

2. Meninggal di RS Unair

Innalillahi, Tokoh NU dari Madura KH Nuruddin Meninggal Dunia di RSUAristekbrin.go.id

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab pasti meninggalnya Nuruddin. Yang pasti, kiai aktivis yang dikenal lantang menyuarakan aspirasinya ini tutup usia pada 63 tahun setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Universitas Airlangga.

"Wafat malam ini setelah dirawat di rumah sakit di Surabaya,” tutur salah seorang keluarga, M Bakir Cholili dalam siaran pers NU.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Kriminalisasi Ulama Itu Narasi yang Menyesatkan

3. Seorang tokoh yang pernah mengusulkan dibentuknya provinsi Madura

Innalillahi, Tokoh NU dari Madura KH Nuruddin Meninggal Dunia di RSUAANTARA FOTO/Zabur Karuru

KH M Nuruddin A Rahman selain dikenal sebagai Wakil Rais Syuriyah PWNU Jatim, ia juga merupakan seorang tokoh di Pulau Madura. Ia turut andil menyuarakan pembentukan Madura sebagai provinsi tersendiri, lepas dari Provinsi Jatim.

Selain itu, mendiang Nuruddin adalah pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam, Tunjung, Burneh, Bangkalan. Jenazah Nuruddin akan disemayamkan di pondok pesantren yang diasuhnya tersebut.

Baca Juga: Diduga Menghina Nahdlatul Ulama, Polri Tetapkan Gus Nur Jadi Tersangka

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya