Ingin Kebut, Eri Tagih Vaksin Anak-anak ke Kemenkes

SE sudah turun tapi vaksin belum diberi

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menerima Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang vaksinasi tahap 3 bagi masyarakat rentan serta masyarakat umum dan vaksinasi anak usia 12-17 tahun. Namun, vaksin tersebut belum juga didapatkan. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi pun menagih vaksin untuk anak-anak tersebut ke pemerintah pusat.

1. Eri tagih vaksin anak-anak ke Kemenkes

Ingin Kebut, Eri Tagih Vaksin Anak-anak ke KemenkesIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menuturkan bahwa pihaknya ingin segera memulai vaksinasi untuk anak-anak itu. Namun, ia belum bisa melakukannya lantaran vaksin yang akan digunakan belum dikirim oleh pemerintah pusat. Eri pun bersurat ke Kementerian Kesehatan untuk menagih vaksin anak-anak tersebut.

"Kita belum dapat, tapi kita sudah minta. Kalau sudah dapat ya kita langsung gunakan. Surat sudah diminta ke sana (pemerintah pusat), tapi (vaksin) belum dikirimkan," ujar Eri, Sabtu (3/7/2021).

2. Vaksin yang diminta sesuai jumlah anak-anak

Ingin Kebut, Eri Tagih Vaksin Anak-anak ke KemenkesWali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Eri tak menyebut secara rinci berapa jumlah vaksin anak-anak yang ia minta. Ia memastikan bahwa jumlahya sesuai dengan data anak-anak berusia 12-17 tahun sesuai dengan data yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya.

"Pengajuan sejumlah anak se Surabaya. Seperti minta vaksin kan sebanyak-banyaknya. Tapi tergantung juga dari sana (pemerintah pusat) turunnya berapa," tuturnya.

Baca Juga: Belum Terima Vaksin COVID-19 Anak-anak, Pemkot Surabaya Siapkan Data

3. Vaksin didistribusikan melalui kelurahan

Ingin Kebut, Eri Tagih Vaksin Anak-anak ke KemenkesIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah mendapatkan vaksin, pendistribusian vaksin ini akan berbeda dengan vaksin usia di atas 18 tahun yang memerlukan pendaftaran dari calon peserta. Vaksin anak-anak akan langsung disalurkan melalui kelurahan di Kota Surabaya karena data anak-anak yang berhak menerima vaksin telah tercatat di Dispendukcapil.

"Nanti disebar ke kelurahan. Kelurahan yang membentuk kayak satgas untuk disuntik vaksin. Tapi sambil menunggu vaksin ada dulu," pungkasnya.

Baca Juga: Diadang Pocong di Suramadu, Eri Cahyadi Kaget!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya