Hari Santri Nasional, Risma Kenang Semangat Perjuangan

Selamat Hari Santri!

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini bersama masyayikh, kiyai dan para santri menggelar tasyakuran malam Peringatan Hari Santri Tahun 2020 di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam, Rabu (21/10/2020). Mereka mengenang sekaligus berusaha melanjutkan semangat perjuangan kaum santri dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara.

Baca Juga: 31 Santri Al Izzah Dinyatakan Sembuh dari COVID-19  

1. Kenang perjuangan para ulama dan santri

Hari Santri Nasional, Risma Kenang Semangat PerjuanganWali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam peringatan Hari Santri, Rabu (21/10/2020) malam. Dok Humas Pemkot Surabaya.

Dalam acara tersebut Risma mengenang bagaimana saat itu para ulama dan santri turut berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Kota Surabaya. Apalagi Risma merupakan cicit dari salah satu ulama yang terlibat dalam resolusi jihad, Mbah Jayadi. Oleh karena itu perjuangan mereka pantas dikenang tiap peringatan Hari Santri.

“Itu sesuatu yang luar biasa. Kalau saat itu tidak ada perjuangan, maka tidak ada kemerdekaan di bumi tercinta ini,” ujar Risma dalam siaran pers Humas Pemkot Surabaya, Kamis (22/10/2020).

2. Ajarkan pelajar atas jasa ulama dan santri

Hari Santri Nasional, Risma Kenang Semangat PerjuanganWali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam peringatan Hari Santri, Rabu (21/10/2020) malam. Dok Humas Pemkot Surabaya.

Pemkot Surabaya juga memiliki program mengadakan sekolah kebangsaan yang mengajak anak-anak mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kota Pahlawan dan salah satunya kantor PCNU Surabaya tiap tanggal 10 November. Harapannya, pelajar Surabaya tahu bahwa sejarah mencatat, para santri dan ulama memiliki peran besar dalam merebut kemerdekaan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
“Makanya saya membuat sekolah kebangsaan itu untuk memperingati perjuangan para ulama dan santri yang saat itu berjihad di medan pertempuran. Saya hanya ingin mengangkat bahwa resolusi jihad itu betul ada,” ungkapnya.

3. Semoga santri bisa religius dan nasionalis

Hari Santri Nasional, Risma Kenang Semangat PerjuanganIlustrasi pondok pesantren (IDN Times/Arief Rahmat)

Di peringatan Hari Santri 2020 ini, Risma berharap para santri dapat selalu memperkuat jiwa religius keislaman dan sekaligus jiwa nasionalisme kebangsaan. Mereka diharap bisa menebarkan semangat perdamaian ke seluruh pelosok negeri, terutama di Kota Surabaya.

“Selamat Hari Santri ke 5 tahun 2020. Mudah-mudahan ini menjadi kebangkitan untuk Hari Santri ke depan semakin kuat dan semangat lagi,” ungkapnya.

Baca Juga: Jejak Santri dan KH Hasyim Asy'ari Jihad Usir Belanda dari Indonesia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya