Hari Ini Sudah 6 Jenazah Dievakuasi dari Pasir Erupsi Gunung Semeru

Setidaknya ada 20 korban jiwa dari erupsi Gunung Semeru

Surabaya, IDN Times - Pencarian para korban bencana erupsi Gunung Semeru terus dilakukan di tengah cuaca gerimis. Data terbaru, tiga jenazah kembali ditemukan oleh Tim SAR Gabungan di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro sejak Senin (6/12/2021) siang.

1. Dua jenazah ditemukan di aliran sungai

Hari Ini Sudah 6 Jenazah Dievakuasi dari Pasir Erupsi Gunung SemeruTim SAR saat berupaya melakukan pencarian Senin (6/12/2021) pagi. (dok. Basarnas Surabaya)

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Surabaya, I Wayan Suyatna menuturkan, penemuan berikutnya jenazah korban erupsi Gunung Semeru ini terjadi pada pukul 13.10 WIB. Pihaknya mendapati dua sosok laki-laki terkubur di antara bekas pasir dan lahar dingin.

"Telah dievakuasi korban laki-laki 2 orang dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Kampung Renteng, Kecamatan Candipuro," ujarnya, Senin (6/12/2021).

2. Satu jenazah kembali ditemukan di kampung yang sama

Hari Ini Sudah 6 Jenazah Dievakuasi dari Pasir Erupsi Gunung SemeruEvakuasi korban meninggal akibat erupsi Semeru. Dokumentasi Basarnas

Sekitar satu jam setengah usai penemuan tersebut, tim SAR gabungan kembali mendapati sesosok jenazah masih di kampung yang sama. Jasad ini belum bisa dikenali. Jenazah para korban ini pun dibawa ke RSUD dr Haryoto Lumajang untuk proses identifikasi.

"1 korban bencana erupsi Gunung Semeru kembali ditemukan tim SAR gabungan. Korban dievakuasi sekitar pukul 14.46 WIB dari dusun yang sama," tuturnya.

Baca Juga: Pengungsi Erupsi Gunung Semeru Sempat Panik, Terpancing Kabar Hoaks

3. Sudah ada 20 korban jiwa

Hari Ini Sudah 6 Jenazah Dievakuasi dari Pasir Erupsi Gunung SemeruWarga dan relawan mengevakuasi hewan ternak yang terjebak di kandang di Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Dengan ini, SAR gabungan telah mengevakuasi 6 orang dalam sehari. Jumlah ini menambah daftar panjang korban bencana erupsi Gunung Semeru. Saat ini, Wayan mencatat setidaknya sudah ada 20 orang korban jiwa.

"Proses pencarian masih dilakukan dengan SAR gabungan," tutup Wayan.

 

-----------------

Bantu korban erupsi Semeru dengan klik link ini

Baca Juga: 3 Jenazah Korban Erupsi Gunung Semeru Ditemukan di Satu Rumah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya