Gubernur Jatim Khofifah Tiba-tiba Trending di Twitter, Pakai Buzzer?

Katanya sih mengaku gak pakai~

Surabaya, IDN Times - Nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjadi trending topic di media sosial Twitter pada Minggu (4/4/2021). Warganet menuding Pemerintah Provinsi Jatim menggunakan jasa buzzer atau pendengung media sosial untuk melambungkan namanya.

1. Pemprov Jatim bantah pakai buzzer

Gubernur Jatim Khofifah Tiba-tiba Trending di Twitter, Pakai Buzzer?Cuitan mengandung kata “Gubernur Khofifah” yang trending di Twitter. Dok. tangkapan layar

Khofifah menjadi trending topic dengan kata kunci “Gubernur Khofifah”. Akun yang mencuit pun merupakan akun-akun baru yang muncul sekitar tahun 2021 seperti buzzer pada umumnya.

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Heru Tjahjono membantah pihaknya menggunakan buzzer.

“Sekali lagi saya ingin tegaskan bahwa Grahadi (red: tempat tinggal Gubernur Jatim) tidak pernah memanipulasi percakapan di platform media sosial manapun. Kami juga tidak pernah menganggarkan untuk menggerakkan buzzer,” ujarnya, Senin (5/4/2021).

Baca Juga: Pemerintah Larang Mudik, Khofifah: Setuju!

2. Cuitan di trending topic tidak jelas

Gubernur Jatim Khofifah Tiba-tiba Trending di Twitter, Pakai Buzzer?Cuitan mengandung kata “Gubernur Khofifah” yang trending di Twitter. Dok. Tangkapan layar

Heru menambahkan jika cuitan-cuitan yang diproduksi ratusan akun Twitter itu berisi kutipan Khofifah yang diambil dari sejumlah berita. Namun, konteks kutipan pernyataan Khofifah tersebut tidak jelas atau tidak berhubungan antarsatu dengan yang lainnya.

“Jadi isinya petikan-petikan isi berita dan statement, namun tidak jelas apa yang dimaksud. Inilah yang mengakibatkan netizen menuding Grahadi menggerakkan buzzer. Padahal kami sendiri tidak tahu siapa dirigennya,” ungkapnya.

3. Diklaim ada yang ingin menjatuhkan Khofifah

Gubernur Jatim Khofifah Tiba-tiba Trending di Twitter, Pakai Buzzer?Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mencoba Tol KLBM. Dok. Humas Pemprov Jatim

Ketika mengetahui namanya trending, Khofifah disebut Heru kaget. Pasalnya ia merasa tidak melakukan sesuatu hingga membuatnya viral apalagi memerintahkan seseorang untuk memviralkan namanya.

Ia memastikan Pemprov Jatim tidak memanipulasi cuitan Twitter hingga “Gubernur Khofifah” menjadi trending topic.

“Kami tidak ingin berspekulasi siapa pelakunya. Mungkin orang iseng yang ingin menjatuhkan kredibilitas Gubernur Khofifah. Tapi yang pasti, kami tidak pernah mempekerjakan buzzer untuk pencitraan Gubernur Khofifah,” tutup Heru.

Baca Juga: Benarkah Buzzer Berbahaya Bagi Demokrasi? Begini Penjelasannya

https://www.youtube.com/embed/KmvVTryv-Rk

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya