Gendam Modus Ajak ke Mal, Menyasar Perempuan di Bus Sendirian

Pelaku sudah beraksi setidaknya 9 kali

Surabaya, IDN Times - Para perempuan yang melakukan perjalanan seorang diri patut waspada dengan adanya pencurian dengan metode gendam di Kota Surabaya. Salah satu pelakunya, seorang laki-laki berinisial S (43), berhasil ditangkap setelah melakukan pencurian setidaknya sebanyak 9 kali.

1. Sasar perempuan yang berpergian sendirian

Gendam Modus Ajak ke Mal, Menyasar Perempuan di Bus Sendiriantraveldailynews.asia

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana menjelaskan bahwa S awalnya berkeliling dari bus ke bus antarkota untuk mencari mangsanya. Dia menarget perempuan yang sedang dalam perjalanan sendirian ke arah Kota Surabaya. Ia mencari korban yang membawa barang-barang berharga.

"Setelah melihat ada korban yang traveling sendirian, pelaku mendekati korban tersebut diajak ngobrol," ujar Mirzal, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga: Diduga Kena Gendam, Perempuan di Surabaya Kehilangan Perhiasan Rp1,9 M

2. Ajak korban belanja di mal untuk digendam

Gendam Modus Ajak ke Mal, Menyasar Perempuan di Bus SendirianSuasana Mal Ciputra Semarang yang diperbolehkan buka pada masa pandemik COVID-19 dan PPKM Level 4 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Di dalam bus tersebut, S mengajak korbannya untuk mengobrol seperti menanyakan asal, tujuan, dan keperluannya. Kemudian, dia menawarkan kepada korban untuk berjalan-jalan sambil belanja di pusat perbelanjaan di Kota Surabaya.

"Dijanjikan sampai di Surabaya diajak shopping di mall, jalan-jalan keliling Surabaya. Saat korban lengah, barang-barang langsung dibawa kabur," tuturnya.

3. Tiga laporan di Royal Plaza dalam 3 bulan terakhir

Gendam Modus Ajak ke Mal, Menyasar Perempuan di Bus SendirianIlustrasi masuk mal scan barcode (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Setelah menyadari bahwa dia sedang ditipu, korban pun melaporkan kejahatan tersebut ke kantor polisi terdekat yaitu Polsek Wonokromo. Ternyata, dalam kurun waktu 3 bulan, Polsek Wonokromo sudah mengantongi 3 laporan dengan pelaku yang sama dan TKP yang sama yaitu di Royal Plaza Surabaya.

"Laporan terakhir tanggal 4 Februari, lalu ada tanggal 16 Januari dan 31 Desember 2021," sebut Mirzal.

4. Sudah beraksi di 6 TKP lainnya

Gendam Modus Ajak ke Mal, Menyasar Perempuan di Bus Sendirianilustrasi tersangka (IDN Times/Aditya Pratama)

Akhirnya, setelah berhasil diidentifikasi, S berhasil ditangkap ketika ia kabur ke kampung halamannya di wilayah Desa Kerep, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang. S ditangkap saat sedang duduk-duduk santai di wilayah persawahan. Rupanya, S merupakan residivis kasus curat yang pernah dipenjarakan oleh Polda Jateng.

"Tersangka juga melakukan aksinya di 6 TKP yang lain. Semuanya di pusat perbelanjaan di Surabaya, Kediri, dan Solo," tutup Mirzal.

Baca Juga: Modus COD, Pria Ini Gendam dan Curi HP Korbannya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya