Gadis di Probolinggo Sempat Hidup Lagi, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Perlu penelitian forensik untuk mengetahui penyebabnya

Probolinggo, IDN Times - Fenomena jenazah SMW, gadis yang sempat hidup kembali di Kabupaten Probolinggo hingga saat ini masih menjadi misteri. Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Mochammad Saleh Kota Probolinggo tidak mengetahui apa penyebab pasti kondisi tersebut. Meski jarang, namun fenomena tersebut memang pernah beberapa kali terjadi di dunia.

1. SMW dirawat dengan kondisi kritis

Gadis di Probolinggo Sempat Hidup Lagi, Ini Penjelasan Rumah SakitSuasana rumah SMW saat hari pemakaman. Dok. Polsek Lumbang, Probolinggo

Plt Direktur RSUD dr Mohamad Saleh dr Abraar HS Kuddah menjelaskan, saat itu SMW dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi yang sudah parah. Gadis berusia 12 tahun itu tak sadarkan diri karena mengalami hipertermia atau demam tinggi. Menurut Abraar, SMW memiliki kelainan pankreas yang menyebabkan berbagai macam komplikasi penyakit terjadi dalam tubuhnya.

“Masuk rumah sakit syok, dengan hiperglikemi yang tinggi, hipertermi sampai 39 suhunya, terus pasien masuk dalam keadaan dalam tidak sadarkan diri,” ujarnya saat dihubungi IDN Times melalui telepon, Rabu (19/8/2020).

2. SMW sudah dipastikan meninggal dunia

Gadis di Probolinggo Sempat Hidup Lagi, Ini Penjelasan Rumah SakitIlustrasi jenazah. IDN Times/Mardya Shakti

Pada Senin pagi (17/8/2020), SMW pun dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 06.00 WIB. Abraar memastikan bahwa SMW benar-benar dinyatakan meninggal dunia sesuai dengan kematian di organ vitalnya. Beberapa ciri yang dijadikan dasar adalah jantung berhenti berdetak dan pernapasan yang sudah tidak lagi terjadi.

“Itu meninggalnya dalam tanda vital, kalau secara otak kami tidak mengetahui. Jadi saat itu kami tentukan secara vital, dia detak jantung gak ada, laju pernapasan juga tidak ada,” tuturnya.

Baca Juga: Usai "Dimakamkan", Sunarto Malah Balik ke Rumah

3. Banyak hal bisa picu jenazah hidup kembali

Gadis di Probolinggo Sempat Hidup Lagi, Ini Penjelasan Rumah SakitIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Lantaran kematian otak yang belum bisa diketahui itu, tubuh pasien bisa saja menunjukan tanda-tanda kehidupan. Namun, kondisi tersebut tidak akan bertahan lama. Sama seperti SMW yang denyut nadinya sempat berdenyut kembali lalu dinyatakan meninggal kembali 30 menit kemudian.

“Banyak sekali yang bisa memengaruhi hal itu. Bisa karena karbondioksida atau jumlah kalium yang tinggi di dalam darah. Ini merupakan suatu fenomena yang jarang terjadi. Ini masih suatu perbincangan yang belum ada ujungnya,” ungkapnya.

4. Penyebab pasti tidak diketahui

Gadis di Probolinggo Sempat Hidup Lagi, Ini Penjelasan Rumah SakitIlustrasi Kamar Mayat (IDN Times/Sukma Shakti)

Namun, Abraar tidak bisa memastikan apa penyebab jantung SMW kembali berdetak, meskipun sebelumnya sudah dinyatakan meninggal dunia. Ia mengatakan, komplikasi penyakit yang dialami SMW bisa saja memicu peristiwa tersebut terjadi. Hanya saja, untuk mencari alasan pastinya, harus dilakukan pemeriksaan secara forensik.

“Detail-detailnya harus dilakukan penelitian forensik. Di sini juga gak ada (penelitian forensik) dan keluarga belum tentu juga mau,” tutupnya.

Baca Juga: Heboh! Gadis di Probolinggo Hidup Lagi, Begini Kronologinya

Topik:

  • Dida Tenola
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya