Fokus Penanganan, Surabaya Terapkan Pelevelan PPKM Tingkat Kelurahan

Masih ada 21 kelurahan tergolong level 4 di Surabaya

Surabaya, IDN Times - Kota Surabaya telah turun level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 4 menjadi level 3. Saat ini, Pemerintah Kita Surabaya menerapkan pemetaan level PPKM di tingkat kelurahan agar dapat menangani kasus COVID-19 dengan lebih tepat sasaran.

1. Pemkot Surabaya terapkan pelevelan di tingkat kelurahan

Fokus Penanganan, Surabaya Terapkan Pelevelan PPKM Tingkat KelurahanKepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan bahwa saat ini Pemkot Surabaya tengah fokus dalam strategi untuk mecapai PPKM Level 2. Salah satunya adalah dengan sistem pelevelan pada skala kelurahan. Jika berhasil, pelevelan akan diperbesar dengan skala kecamatan. Sebelumnya, Pemkot melakukan pemetaan dari wilayah RT/RW.
 
“Jadi, level skala kota kita buat untuk skala kelurahan. Dari pemetaan detail ini nantinya satgas kelurahan maupun kecamatan akan memasifkan lagi pola-pola pencegahannya. Sehingga di hulunya nanti bisa dicegah supaya tidak menyebar dan dapat diputus mata rantainya (COVID-19),” ujar Febri, Rabu (25/8/2021).

2. Salah satu poin penilaian adalah jumlah kasus per 100 ribu penduduk

Fokus Penanganan, Surabaya Terapkan Pelevelan PPKM Tingkat KelurahanIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Pelevelan ini ditentukan melalui proses asesmen berdasarkan tingkat transmisi dan kapasitas respon. Salah satu poin penilaiannya adalah jumlah kasus konfirmasi aktif per 100 ribu penduduk per minggu.

“Jadi, kalau angka kasus konfirmasi aktif per 100 ribu penduduk itu di atas 150, maka masuk dalam level 4. Kemudian, jika angka kasusnya di 50-150 itu masuk ke level 3. Lalu, jika angka kasusnya di 20-50 masuk di level 2. Selanjutnya, jika angka kasusnya di bawah 20 maka masuk di level 1,” tuturnya.

Baca Juga: [BREAKING] Luhut: PPKM Bali hingga Jogja Segera Turun ke Level 3

3. Masih ada 21 kelurahan di Surabaya tergolong level 4

Fokus Penanganan, Surabaya Terapkan Pelevelan PPKM Tingkat KelurahanIlustrasi PPKM. Dok. IDN Times/bt

Berdasarkan hasil pemetaan hingga Kamis (23/8), Febri menyebut bahwa terdapat 21 kelurahan yang berada dalam kategori level 4. Oleh sebab itu, ia berharap Satgas di 21 kelurahan tersebut dapat bersatu padu dan bergotong royong untuk menurunkan levelnya menjadi level 3.
 
“Nah, di posisi sekarang pun ada beberapa, cukup banyak juga yang berada di level 1 dan 2 maupun level 3. Kami berusaha untuk mempertahankan ini,” ungkapnya. 
Dalam upaya menurunkan PPKM level 3 menjadi level 2, Febri menekankan bahwa pihaknya memerlukan dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Menurutnya, kebersamaan antara warga Surabaya, pengusaha, TNI-Polri, dan Pemkot dapat membantu upaya pemkot agar masuk ke PPKM level 2.
 
“Di sisi hilir kita sudah siapkan Rumah Sakit (RS) Lapangan, Rumah Sehat, dan vaksinasi. Di sisi hulu harus melaksanakan prokes, disiplin prokes, itulah kunci utama memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” pungkasnya. 

Baca Juga: Pemkot Malang Lebih Sreg PPKM Mikro Daripada PPKM Darurat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya