Febrian Hilang di Sungai Brantas, Tim Sar Gabungan Lakukan Pencarian

Semoga lekas ketemu

Kediri, IDN Times - Seorang anak laki-laki bernama Febriani Khoironi (8) diduga terpleset dan terseret arus sungai saat mandi bersama teman-temannya di tepi sungai Brantas Kediri, Jumat (5/7). Hingga saat ini Tim SAR Gabungan masih mencari keberadaan Febrian yang diduga telah berada di dasar sungai.

 

1. Pencarian dilakukan di darat dan di air

Febrian Hilang di Sungai Brantas, Tim Sar Gabungan Lakukan PencarianDok.IDN Times/Istimewa

 

Melalui siaran persnya, Koordinator Pos BASARNAS Trenggalek, Brian Gautama menjelaskan bahwa ia telah menerjunkan dua tim Search and Rescue Unit (SRU) untuk memcari keberadaam Febrian. Dua unit tim ini pun menyisir baik di darat maupun di sungai.

"Satu SRU air bergerak melakukan penyisiran di sungai dengan menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel (Motor Tempel) berkekuatan 25 PK," terangnya, Sabtu (6/7).

2. Pencarian dibantu oleh beberapa pihak

Febrian Hilang di Sungai Brantas, Tim Sar Gabungan Lakukan PencarianDok.IDN Times/Istimewa

 

Brian melanjutkan, tim air melakukan penyisiran di sungai dengan titik awal lokasi hilangnya Febrian. Lokasi tersebut tepatnya berada pada koordinat 7° 52' 05.4" S - 111° 58' 54.4" E.

"Kemudian, dilanjutkan menyusuri aliran sungai Brantas hingga sejauh 10 kilometer," lanjutnya.

Pencarian ini juga melibatkan sejumlah Potensi SAR diantaranya dari KORAMIL Ngadiluwih, Polsek Ngadiluwih, BPBD kabupaen Kediri dan warga sekitar.

3. Gelombang besar diciptakan di sungai

Febrian Hilang di Sungai Brantas, Tim Sar Gabungan Lakukan Pencarianilustrasi (Pixabay)

 

Saat melakukan penyisiran sungai ini, lanjut brian, tim air melakukan manuver perahu di titik-titik yang dicurigai. Hal ini bertujuan untuk menciptakan gelombang air yang besar agar korban yang semula diduga berada di dasar sungai dapat terangkat ke permukaan.

"Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan juga mengerahkan satu SRU untuk melakukan penyisiran melalui jalur darat di sepanjang kanan dan kiri sungai. Penyisiran darat ini dilakukan dengan menempuh jarak sekitar lima kilometer," imbuhnya.

4. Warga juga diminta berperan aktif

Febrian Hilang di Sungai Brantas, Tim Sar Gabungan Lakukan PencarianPixabay

 

Selain mencari korban dan mengumpulkan informasi dari saksi-saksi, tim darat juga dituntut aktif berkomunikasi dengan warga yang beraktivitas di sekitar sungai dan menyebarkan informasi tentang kejadian tenggelamnya Febrian kepada mereka.

“Melalui penyebarluasan informasi ini, apabila ada warga yang melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka diharapkan melaporkannya kepada petugas yang melakukan pencarian agar kemudian ditindaklanjuti,” tegasnya.

Baca Juga: Kapal Tenggelam di Sumenep, Lewat Pelabuhan Liar dan Tak Penuhi Syarat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya