Eri Janji Tambah Bopda Sekolah Swasta, Machfud Janji Renovasi Pasar

Jangan cuma asal janji ya Pak~

Surabaya, IDN Times - Masing-masing Pasangan Calon Wali-Wakil Wali Kota Surabaya mulai menebar janji selama masa kampanye. Pasangan Calon nomor urut 1, Eri Cahyadi-Armuji ingin menambah Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (Bopda) bagi sekolah swasta. Sementara Paslon nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman menjanjikan akan lebih memperhatikan Pasar Tunjungan.

1. Eri janjikan penambahan Bopda sekolah swasta

Eri Janji Tambah Bopda Sekolah Swasta, Machfud Janji Renovasi PasarCalon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat berdoa bersama para kiai, Minggu (27/9/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Eri mengatakan bahwa ia tak ingin ketimpangan antara sekolah negeri dan swasta di Kota Surabaya semakin melebar. Karena itu, ia menjanjikan sekolah-sekolah swasta selama masa kepemimpinannya akan menjadi fokus prioritas. Ia mengatakan bahwa tidak akan ada pilih kasih antara negeri dan swasta karena semua siswanya adalah anak-anak Kota Surabaya juga.

“Bagaimanapun, anak-anak kita yang sedang bersekolah saat ini adalah masa depan Surabaya. Maka pemisahan antara negeri dan swasta hanya akan mengakibatkan ketimpangan kualitas SDM Surabaya di masa depan. Maka kita antisipasi jangan sampai itu terjadi,” ujarnya, Sabtu (10/10/2020).

2. Tunjangan guru swasta diadakan Eri saat jadi Kepala Bappeko

Eri Janji Tambah Bopda Sekolah Swasta, Machfud Janji Renovasi PasarCalon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat berdoa bersama para kiai, Minggu (27/9/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Lebih lanjut, semasa ia menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, dia sudah memulai pemberian tunjangan untuk guru-guru swasta yang belum menerima tunjangan profesi dari pemerintah pusat. Dengan minimal 2 tahun menjalani profesi sebagai guru, Pemkot Surabaya berencana memberi senilai Rp2 juta per tahun. Selain itu Bopda sekolah juga akan ditambah.

“Jadi misalnya ada butuh bantuan komputer, lab, biar sekolahnya semakin berkualitas, sekolah swasta per area bisa kumpul, menentukan sekolah mana yang diprioritaskan mendapat bantuan terlebih dulu. Nantinya pasti akan merata. Jangan sampai sekolah negeri punya komputer, yang swasta tidak. Swasta tak boleh dianaktirikan, harus imbang," tuturnya.

3. Machfud janji lebih perhatikan pasar

Eri Janji Tambah Bopda Sekolah Swasta, Machfud Janji Renovasi PasarBacawali-bacawawali Kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman jalani tes kesehatan, Jumat (18/9/2020). IDN Times/Dok Istimewa

Di sisi lain, Machfud menyoroti Pasar Tunjungan yang kondisinya sudah tidak memadai. Atap pasar sudah lapuk dan bocor. Ia pun menjanjikan renovasi pasar tersebut jika nantinya terpilih menjadi Wali Kota Surabaya.

"Pasar ini kan seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik. Di mana pedagangnya bisa berjualan dengan kondisi yang baik, dan pengunjungnya juga merasa nyaman. Pasti oleh MAJU (Machfud-Mujiaman) akan diperhatikan pasar-pasar di Surabaya," ungkapnya.

Baca Juga: Diduga Bagi-bagi Sarung, Machfud-Mujiaman Dilaporkan ke Bawaslu

4. Pedagang sambut positif

Eri Janji Tambah Bopda Sekolah Swasta, Machfud Janji Renovasi PasarMachfud Arifin dan istri saat konferensi pers virtual, Jumat (11/9/2020). Screenshoot Zoom

Sekretaris Perkumpulan Pedagang Pasar Tunjungan (P3T) Johniel pun merespon positif janji Machfud tersebut. Ia mengharapkan agar Machfud benar-benar menepati janjinya jika nanti terpilih menjadi Wali Kota Surabaya. Ia pun kemudian mendeklarasikan dukungan bagi Machfud-Mujiaman.

"Kami butuh perubahan, kami yakin dengan kepemimpinan Pak Machfud-Pak Mujiaman akan memberikan perubahan yang lebih baik. Dan pasar-pasar tradisional khususnya Pasar Tunjungan akan diperhatikan dan diperbaiki," pungkasnya.

Baca Juga: Doa Kiai dan Kisah Eri Cahyadi Sebelum Maju Pilkada Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya