Dukung Palestina, Buruh Jatim Demonstrasi di Depan Konsulat AS

Desak AS hentikan dukungannya kepada Israel

Surabaya, IDN Times - Aksi dukungan terhadap Palestina terus digaungkan oleh berbagai pihak. Salah satunya yaitu para buruh yang menggelar unjuk rasa di depan Kantor Konsulat Amerika Serikat, Selasa (18/5/2021). Para buruh menunjukkan bentuk solidaritas mereka kepada warga Palestina.

1. Buruh unjuk rasa di depan Kantor Konsulat Amerika Serikat

Dukung Palestina, Buruh Jatim Demonstrasi di Depan Konsulat ASBuruh yang menggelar unjuk rasa mendukung Palestina di depan Kantor Konsulat Amerika Serikat, Selasa (18/5/2021). Dokumentasi Istimewa

Wakil Ketua DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur, Nuruddin Hidayat menjelaskan bahwa FSPMI di seluruh Indonesia menyelenggarakan aksi solidaritas untuk Palestina ini secara serentak. Di Surabaya, aksi ini dilakukan di depan Kantor Konsulat Amerika Serikat.

"Aksi ini dilakukan dengan damai dan santun yang diikuti sekitar 100 (seratus) orang masa aksi dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat," ujar Nuruddin, Selasa (18/5/2021).

2. Bentuk dukungan terhadap Palestina

Dukung Palestina, Buruh Jatim Demonstrasi di Depan Konsulat ASIlustrasi Orasi/Kebebasan Berpendapat (IDN Times/Mardya Shakti)

Nuruddin menjelaskan bahwa aksi demonstrasi ini merupakan bentuk solidaritas kaum buruh terhadap bangsa Palestina serta mengutuk dan mengecam agresi militer Israel yang menyerang rakyat sipil Palestina, bahkan perempuan dan anak-anak.

"Berdasarkan alinea pertama Pembukaan UUD 1945, bangsa Indonesia mempunyai tanggung jawab moral untuk turut menyuarakan penghapusan penjajahan di Palestina, serta memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina yang telah diperjuangkan sejak dulu oleh Presiden Sukarno," tutur Nuruddin.

Baca Juga: Konflik Israel-Palestina, MUI Siap Kirimkan Surat ke Joe Biden

3. Desak AS untuk hentikan dukungan terhadap Israel

Dukung Palestina, Buruh Jatim Demonstrasi di Depan Konsulat ASPresiden Amerika Serikat Joe Biden di East Las Vegas Community Center di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Jumat (9/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Nuruddin mengatakan bahwa aksi ini dilakukan di depan Kantor Konsulat Amerika Serikat lantaran merasa Amerika Serikat terlalu mendukung Israel. Para buruh pun mendesak agar Amerika Serikat menghentikan dukungan mereka terhadap Israel.

"Kami mendesak Amerika Serikat untuk mengakui Palestina sebagai negara merdeka juga menghentikan dukungannya terhadap Israel. Kami juga mendesak PBB agar segera mengambil langkah konkrit untuk penyelesaian konflik Palestina-Israel. Pemprov Jatim harus memfasilitasi audiensi dengan Konjen Amerika Serikat," ungkap Nuruddin.

Baca Juga: Berkonsep Vila, Ini Fasilitas Rumah yang Dijual untuk Bantu Palestina

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya