Diperiksa 5 Jam, Boy William Dicecar 30 Pertanyaan Terkait Carding

Ia mengaku tak tahu menahu

Surabaya, IDN Times - Boy William mengaku tak tahu menahu terkait keterlibatannya dengan tindak kriminal pembobolan kartu kredit. Ia hanya menyediakan jasa endorse bagi akun tersebut. Kini ia akan lebih pilih-pilih untuk mempromosikan suatu produk.

1. Dicecar 30 pertanyaan

Diperiksa 5 Jam, Boy William Dicecar 30 Pertanyaan Terkait CardingBoy William usai pemeriksaan di Mapolda Jatim, Rabu (22/7/2020). Dok Istimewa

Hal ini disampaikan oleh Boy usai diperiksa Ditreskrimsus Polda Jatim. Ia menjalani pemeriksaan sebagai saksi selama 5 jam. Saat diperiksa, ia mengaku dicecar 30 pertanyaan terkait keterlibatannya dengan kasus carding yang membobol uang hingga ratusan juta rupiah.

"Soal kasus kemarin terbang ke Eropa. Tapi semuanya sudah aman dan sudah diberesin sama teman-teman di sini dan kita sudah datang sebagai saksi juga," ujar Boy, Rabu (22/7/2020).

2. Tak mengetahui pasti di balik endorse yang ia terima

Diperiksa 5 Jam, Boy William Dicecar 30 Pertanyaan Terkait CardingBoy William usai pemeriksaan di Mapolda Jatim, Rabu (22/7/2020). Dok Istimewa

Boy mengaku tak tahu menahu terkait bisnis yang terjadi di balik akun yang meminta jasa endorse-nya. Saat itu ia hanya ditawari tiket pulang pergi ke Paris dengan imbalan unggahan di Instagram atau endorse. Ia juga tak mengetahui berapa nilai tiket pesawat kelas bisnis yang ia dapatkan.

"Sebagai orang yang memiliki digital platform yang menyediakan jasa promosi buat mereka dan mereka juga menyediakan jasa untuk kita terbang. Jadi sama-sama barter value aja. Kita ndak tahu mereka company apa, buat kita melihat orang punya usaha mereka promosi, kita punya benefit-nya, mari kita kerja sama," tuturnya.

Baca Juga: Kasus Carding, Gisel dan Tyas Mirasih Selesai Diperiksa 6 Jam

3. Akan lebih selektif dalam endorse

Diperiksa 5 Jam, Boy William Dicecar 30 Pertanyaan Terkait CardingBoy William usai pemeriksaan di Mapolda Jatim, Rabu (22/7/2020). Dok Istimewa

Setelah terseret kasus ini, Boy mengaku akan lebih selektif dalam menerima jasa endorse. Ia tak ingin kembali mempromosikan usaha yang berasal dari tindak kejahatan hingga membahayakan followersnya.

"Kita harus sadari kalau kita punya followers yang cukup luas dan dengan aku meng-endorse sebuah perusahaan yang mungkin bisa dibilang, sorry, kurang jelas. Saya gak mau followers saya ikut terjebak dalam hal itu," pungkasnya.

4. Boy dan artis lainnya jadi saksi kasus pembobolan kartu kredit

Diperiksa 5 Jam, Boy William Dicecar 30 Pertanyaan Terkait CardingInstagram.com/boywilliam17

Sebelumnya, Boy menerima uang yang paling besar dibanding artis-artis lainnya yaitu Rp75 juta. Uang tersebut berupa tiket pesawat kelas bisnis perjalanan Jakarta-Paris pada bulan November 2019 lalu. Selain Boy, beberapa artis telah diperiksa seperti Karin Novilda alias Awkarin, Gisella Anastasia, Tyas Mirasih, Ruth Stefanie, hingga Sarah Gibson.

Ternyata, uang yang digunakan untuk membayar para artis ini adalah hasil pembobolan kartu kredit. Mereka berhasil mengorek 500-an kartu kredit WNA dengan total keuntungan ratusan juta rupiah. Uang hasil carding ini digunakan untuk membuat usaha @tiketkekinian, penyedia jasa travel.

Kini empat orang tersangka sudah diringkus. Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 32 ayat (1) juncto Pasal 48 ayat (1) UU Informasi Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP, dengan hukuman maksimal 10 tahun penjara, dan denda Rp5 Miliar. 

Baca Juga: Kasus Carding, Boy William Diperiksa Penyidik Polda Jatim

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya