Diizinkan Khofifah ke Turki, Risma : Saya Akan Jaga Kepercayaan Ibu

DLN-nya sempat bermasalah

Surabaya, IDN Times - Persoalan Dinas Luar Negeri (DLN) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang begitu sering menjadi pembicaraan bahkan menuai tanggapan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Meski sempat dipermasalahkan, namun Risma tetap bisa melaksanakan DLN pada Bulan Desember 2019.

1. Sempat akan batalkan rencana DLN

Diizinkan Khofifah ke Turki, Risma : Saya Akan Jaga Kepercayaan IbuWali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) menjamu Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati di kediaman dinasnya, Senin (9/12). IDN Times/Fitria Madia

Risma dijadwalkan untuk menjadi pembicara di acara International Forum of Women in Local Governance, Republik Turki pada tanggal 10-12 Desember 2019. Ia sempat akan membatalkan undangan yang telah ia terima tersebut karena mendengar kabar DLN-nya bermasalah.

"Aku iyakan. Aku gak tahu kalau ada masalah. Padahal aku sudah mengiyakan. Aku gak ada maksud apa pun. Aku gak punya medsos. Saya sampaikan ke staffku tolong minta maaf ke sana. Aku gak bisa datang," ujar Risma di kediamannya, Senin (9/12).

2. Surat izin DLN disetujui Khofifah

Diizinkan Khofifah ke Turki, Risma : Saya Akan Jaga Kepercayaan IbuGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menyusuri sungai. Dok. Humas Pemprov Jatim

Namun rupanya, surat izin DLN yang terlanjur dikirim ke Khofifah telah disetujui. Risma pun diperbolehkan untuk menjadi pembicara di acara bertemakan kepemimpinan dan pemberdayaan perempuan tersebut.

"Tapi alhamdulillah Ibu Gubernur mengizinkan dan insyaallah ini bukan untuk saya," tuturnya.

3. DLN bukan untuk pribadi Risma

Diizinkan Khofifah ke Turki, Risma : Saya Akan Jaga Kepercayaan IbuMenteri PPPA  I Gusti Ayu Bintang Darmavati (kiri) bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di kediaman dinas wali kota Surabaya, Senin (9/12). IDN Times/Fitria Madia

Risma kembali menjelaskan bahwa DLN yang selama ini ia lakukan merupakan undangan dari pihak lain yang biayanya ditanggung pengundang sehingga tidak menguras APBD. Ia juga melakukan DLN dari permintaan orang lain, bukan permintaannya sendiri.

"Karena terus terang capek ikut cara seperti itu. Dari pagi sampai sore. Besoknya lagi berangkat sampai sore. Apalagi waktu di PBB, wah gak bisa lihat apa-apa," jelasnya.

Baca Juga: Manfaatkan Jabatan di PDIP, Risma Ingin Bantu Menteri PPPA

4. Risma berjanji jaga kepercayaan Khofifah

Diizinkan Khofifah ke Turki, Risma : Saya Akan Jaga Kepercayaan IbuMenteri PPPA  I Gusti Ayu Bintang Darmavati (kiri) bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di kediaman dinas wali kota Surabaya, Senin (9/12). IDN Times/Fitria Madia

Risma pun menjamin akan melaksanakan DLN-nya kali ini dengan jujur. Setelah mengikuti rangkaian acara, ia akan kembali ke Surabaya sambil membawa manfaat bagi Kota Surabaya dan warganya.

"Jadi insyallah kepercayaan ibu akan saya jaga sepenuhnya," pungkasnya.

Baca Juga: Nantikan Kemenangan Timnas Indonesia, Risma Prediksi Skor 2-0

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya