Demo Omnibus Law Digelar Lagi di Surabaya, 914 Aparat Keamanan Berjaga

Semoga demonstrasi berlangsung kondusif

Surabaya, IDN Times - Demo susulan penolakan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja kembali digelar di Kota Surabaya pada Kamis (22/10/2020). Kali ini, massa aksi tak sebanyak sebelumnya yang hingga mencapai ribuan orang.

1. Diperkirakan ada sekitar 500 orang

Demo Omnibus Law Digelar Lagi di Surabaya, 914 Aparat Keamanan BerjagaProses penangkapan massa aksi tolak omnibus law di Grahadi, Selasa (20/10/2020). Dok istimewa

Kasubag Humas Polrestabes Surabaya AKP M Akhyar mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima pemberitahuan unjuk rasa pada hari ini. Berdasarkan surat yang ia terima, massa demonstrasi kali ini hanya mencapai 500 orang. Berbeda dengan dua hari lalu yaitu sekitar 2.500 orang.

"Informasi yang kami terima, pengunjuk rasa 500 orang dari DPD LEM SPSI JATIM," ujar Akhyar saat dikonfirmasi, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga: Gawat, Pasien COVID-19 Kabur dan Membaur Saat Demo UU Ciptaker

2. Aksi berpusat di Kantor DPRD Jatim

Demo Omnibus Law Digelar Lagi di Surabaya, 914 Aparat Keamanan BerjagaSuasana di depan Gedung DPRD Jatim Jl Indrapura, Surabaya, Selasa (6/10/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Akhyar mengatakan bahwa titik aksi kali ini bergeser dari yang sebelumnya di Gedung Negara Grahadi menuju Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur Jalan Indrapura. Selain itu, para buruh juga dipastikan akan melaksanakan longmarch sehingga beberapa titik kumpul juga diamankan.

"Personel pengamanan mengawal dari titik kumpul. Tapi pengamanan unjuk rasa dipusatkan di DPRD Tk I Jalan Indapura," tuturnya.

3. Sebanyak 914 personel pengamanan diterjunkan

Demo Omnibus Law Digelar Lagi di Surabaya, 914 Aparat Keamanan BerjagaIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk pengamanan kali ini, jumlah personel yang diturunkan hampir dua kali lipat dari jumlah massa aksi yaitu sebanyak 914 orang. Personel pengamanan tersebut merupakan gabungan yang terdiri dari anggota Polrestabes Surabaya sebanyak 231 orang, Polsek jajaran 118 orang, Polda Jatim 255 orang, dan TNI 310 orang.

"Semoga unjuk rasa hari bisa berlangsung kondusif seperti kemarin dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tutupnya.

Baca Juga: Polres Kediri Kota Tangkap Belasan Pelajar yang Hendak Ikut Demo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya