Comscore Tracker

Deklarasi Dukungan di Surabaya, Alumni Jatim Panggil Jokowi 'Cak'

Ribuan orang berkumpul di depan Tugu Pahlawan

Surabaya, IDN Times - Para alumni perguruan tinggi dan SMA-SMK seluruh Jawa Timur menggelar deklarasi dukungannya di Jalan Pahlawan, depan Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (2/2). Dalam deklarasi ini, Jokowi mendapatkan julukan baru yaitu 'CAK' dan 'Jancukan'.

Baca Juga: Buka Rakornas BNPB dan BPBD, Jokowi Panggil 'Saudara' Elvis Presley

1. Jokowi dapat sebutan 'Cak'

Deklarasi Dukungan di Surabaya, Alumni Jatim Panggil Jokowi 'Cak'IDN Times/Fitria Madia

Ketua pelaksana deklarasi, Ernawan, mengatakan sebutan 'Cak' cocok untuk Jokowi. Cak sendiri merupakan singkatan dari Cakap, Agamis, dan Kreatif.

"Selain itu Pak Jokowi ini 'Jancukan'. Jantan, Cakap, Ulet, Komitmen, dan Antikorupsi. Jokowi wani!" ujarnya dalam orasinya.

2. Dihadiri perwakilan alumni civitas akademika

Deklarasi Dukungan di Surabaya, Alumni Jatim Panggil Jokowi 'Cak'Dok. IDN Times/Istimewa

Dalam deklarasi itu hadir perwakilan-perwakilan alumni dari berbagai perhuruan tinggi, seperti Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

"Ya alumni-alumni seluruh perguruan tinggi dan SMA-SMK di Jatim. Kalau saya sebutkan satu per satu sampai malam gak habis," ujar Jokowi usai menyebutkan nama-nama instansi yang dielu-elukan para relawan.

3. Jokowi tak mempermasalahkan panggilannya

Deklarasi Dukungan di Surabaya, Alumni Jatim Panggil Jokowi 'Cak'IDN Times/Fitria Madia

Jokowi tak mempermasalahkan panggilan 'CAK' dan 'Jancukan' yang diberikan kepadanya. Dalam kampanye tersebut, menurut Jokowi, menjadi pemimpin sebuah negara yang besar itu tidak mudah.

"Mengelola negara itu gak gampang. Diperlukan pengalaman dalam memerintah pemerintahan besar seperti negara kita Indonesia. Apa yang ingin saya sampaikan, pengalaman itu perlu," tegasnya.

4. Tampil dengan jargon Jokowi Wani

Deklarasi Dukungan di Surabaya, Alumni Jatim Panggil Jokowi 'Cak'IDN Times/Fitria Madia

Tak hanya panggilan 'Cak' dan 'Jancukan', Jokowi juga mendapat jargon baru saat deklarasi di Jawa Timur. Jargon tersebut adalah "Jokowi Wani (Jokowi Berani)". Jokowi pun membalas jargon tersebut dengan "Arek Suroboyo Wani."

"Fitnah, dusta, hoaks, ini yang harus segera diluruskan bapak ibu sekalian sebagai intelektual-intelektual yang saya meyakini arek-arek Suroboyo pasti wani!" seru Jokowi dalam orasinya.

Baca Juga: Pembangunan Kilang Minyak di Tuban Diprotes Warga, Begini Kata Jokowi

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You