Kereta Api Surabaya-Jakarta Lebih Cepat 20 Menit

Siapa yang sudah kangen travelling?

Surabaya, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan berbagai layanan baru bagi penumpang. Salah satunya yaitu mempercepat waktu tempuh kereta api jarak jauh tujuan Jakarta dan Bandung.

1. Waktu tempuh kereta api dipercepat

Kereta Api Surabaya-Jakarta Lebih Cepat 20 MenitANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, beberapa inovasi yang diberikan kepada penumpang yaitu percepatan waktu tempuh, penyediaan layanan wifi gratis, dan penyediaan layanan Live Cooking di atas KA. Percepatan waktu tempuh ini khususnya berlaku untuk perjalanan KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp), dan Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng pp).

"Menyambut HUT ke-76 KAI yang jatuh pada 28 September 2021, KAI mengusung tema Melayani Lebih Cepat dan Lebih Baik. KAI ingin bergerak lebih cepat dalam melayani masyarakat dengan kualitas yang lebih baik. KAI terus melakukan berbagai inovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan,” ujarnya, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Prokes Ketat, Surabaya Optimistis Cegah Klaster Sekolah

2. Daftar relasi dengan percepatan waktu tempuh

Kereta Api Surabaya-Jakarta Lebih Cepat 20 MenitPenumpang turun di Stasiun Surabaya Gubeng. Dok. Daop 8 Surabaya.

Berikut daftar relasi yang waktu tempuhnya dipercepat:

1) Argo Bromo Anggrek (1B) : Surabaya Pasar Turi - Gambir, sebelumnya 8 jam 30 menit, menjadi 8 jam 10 menit, selisih 20 menit
2) Argo Bromo Anggrek (2B) : Gambir - Surabaya Pasar Turi, sebelumnya 8 jam 29 menit, menjadi 8 jam 10 menit, selisih 19 menit
3) Argo Bromo Anggrek (3B) : Surabaya Pasar Turi - Gambir, sebelumnya 8 jam 30 menit, menjadi 8 jam 10 menit, selisih 20 menit
4) Argo Bromo Anggrek (4B) : Gambir - Surabaya Pasar Turi, sebelumnya 8 jam 29 menit, menjadi 8 jam 10 menit, selisih 19 menit
5) Argo Wilis (5C) : Surabaya Gubeng - Bandung, sebelumnya 10 jam 43 menit, menjadi 9 jam 55 menit, selisih 48 menit
6) Argo Wilis (6C) : Bandung - Surabaya Gubeng, sebelumnya 10 jam 43 menit, menjadi 9 jam 55 menit, selisih 48 menit

"Percepatan perjalanan ini bertujuan untuk memenuhi harapan pelanggan yang memerlukan waktu perjalanan yang lebih cepat. Percepatan ini dapat diraih melalui peningkatan kemampuan prasarana sehingga kereta mampu melaju lebih cepat namun tetap mengutamakan keselamatan perjalanan." lanjut Didiek.

3. Tersedia wifi gratis selama perjalanan

Kereta Api Surabaya-Jakarta Lebih Cepat 20 MenitSuasana Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Inovasi lain yang diberikan adalah layanan wifi gratis pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Wilis, Taksaka, dan Argo Parahyangan. Koneksi internet gratis bagi para penumpang ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital. Penumpang dapat langsung menghubungkan jaringan internetnya ke wifi bernama #FreeWi-fi:MacroAd untuk dapat mengakses wifi gratis selama perjalanan.

“Dengan Wifi gratis, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan,” kata Didiek.

4. Layanan live cooking di dalam kereta

Kereta Api Surabaya-Jakarta Lebih Cepat 20 MenitDok. Humas Pemprov Jateng

Selain itu, ada pula layanan live cooking pada KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, dan Argo Wilis. Sebelumnya, live cooking sudah dihadirkan pada KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Juni 2021. Pertunjukkan ini pun kembali dilakukan berkat respon masyarakat yang positif.

Berbagai menu dihadirkan dengan cara live cooking di atas Kereta Api yaitu Nasi Goreng Parahyangan Legend, Mie Godog Jawa, Mie Goreng Jawa, dan Nasi Sei Sapi. KAI Services menghadirkan koki-koki pilihan yang akan memasak di atas kereta api secara higienis, profesional, dan tetap memperhatikan keselamatan.

Tak hanya bisa langsung ke kereta makan, hidangan juga dapat dipesan melalui WhatsApp di 0811-1061-2121 atau cukup melalui aplikasi KAI Access. Ini merupakan salah satu inovasi integrasi layanan KAI Services pada KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan.

“Harapannya, layanan ini dapat mengobati kerinduan para penikmat perjalanan kereta api serta memberikan pengalaman berkesan saat berkuliner selama dalam perjalanan,” pungkasnya.

Baca Juga: Truk Sampah Lindas Pengendara Sepeda Motor di Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya