Cuaca di Jatim Hari Ini, Hujan dari Pagi Hingga Malam

Hujan juga diprakirakan terjadi di wilayah perairan Jatim

Surabaya, IDN Times - Hujan deras disertai petir masih diprakirakan melanda wilayah Jawa Timur secara merata pada Selasa (16/11/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan, cuaca di Jawa Timur akan didominasi hujan dari ringan hingga deras.

1. Hujan diprakirakan terjadi dari pagi hingga malam hari

Cuaca di Jatim Hari Ini, Hujan dari Pagi Hingga MalamIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto menuturkan, prediksi cuaca di pagi hingga malam hari pada Selasa akan dipenuhi dengan cerah, berawan, hujan ringan hingga deras disertai petir. Sementara dini hari cuaca diprakirakan berkabut.

"Suhu udara diperkirakan 14 sampai 33 derajat celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Angin dominan dari barat daya ke barat dengan kecepatan 5-30 kilometer perjam," ujarnya.

Baca Juga: Potensi Banjir Level Siaga di Jatim, Hujan Diprakirakan Merata

2. Hujan diprakirakan mengguyur merata di Jatim

Cuaca di Jatim Hari Ini, Hujan dari Pagi Hingga MalamIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang pada pagi hari diprakirakan akan terjadi di wilayah Surabaya, Gresik, Lamongan, Nganjuk, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Pamekasan.

Sementara siang-Sore hari di wilayah Surabaya, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kab. Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Sampang.

"Untuk malam hari diperkirakan hujan di wilayah Sidoarjo, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan, dan Sumenep. Untuk dini hari di wilayah Pacitan," tuturnya.

3. Potensi hujan ringan hingga sedang di perairan Jatim

Cuaca di Jatim Hari Ini, Hujan dari Pagi Hingga Malamilustrasi hujan (pexels.com/Swapnil Chakraborty)

Selain itu, BMKG juga memprediksikan potensi hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di sebagian besar Wilayah Perairan Jawa Timur. Sementara arah angin di perairan didominasi dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 17 knots (32 Km/jam) dan S. Hindia selatan Jatim sebesar 12 knots (22 km/jam).

"Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 m, di Laut Jawa bagian timur antara 0.2-1.5 m, sedangkan di S. Hindia selatan Jatim antara 0.5 - 1.8 m," katanya.

Baca Juga: Prakiraan Hujan di Jatim Merata, Potensi Banjir Level Waspada

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya