CFD Kertajaya Surabaya Kembali Buka, Tetap Olahraga dengan Prokes

Warga wajib pakai masker atau face shield

Surabaya, IDN Times - Menjelang akhir tahun, Pemerintah Kota Surabaya memutuskan untuk kembali membuka Car Free Day (CFD) di Jalan Kertajaya. CFD dapat kembali dinikmati masyarakat pada hari Minggu (19/12/2021) pukul 06.00-09.00 WIB dengan sejumlah pembatasan untuk mencegah penularan COVID-19.

1. CFD Kertajaya kembali buka

CFD Kertajaya Surabaya Kembali Buka, Tetap Olahraga dengan ProkesCFD jalan Tunjungan Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, Suharto Wardoyo menjelaskan bahwa, atas tingginya permintaan, CFD di Kertajaya pun dibuka dengan prokes ketat sesuai Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya No. 67 Tahun 2020. Selain prokes, seluruh warga yang hendak mengikuti CFD harus sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap.

"Ada pembatasan, maksimal 300 orang.Di setiap titik pintu masuk dan keluar akan dipasang scan QR Code PeduliLindungi. Sebelum masuk area CFD akan dicek suhu tubuhnya dan diminta untuk cuci tangan. Di titik-titik strategis akan kami sediakan juga wastafel dan hand sanitizer," ujar Anang, sapaan akrab Suharto, Jumat (17/12/2021).

Baca Juga: Kasus Menurun, Hotel Asrama Haji Surabaya Kembali Nol Pasien

2. Jalan ditutup dan dilarang ada jualan

CFD Kertajaya Surabaya Kembali Buka, Tetap Olahraga dengan ProkesCFD jalan Tunjungan Surabaya

Jalan Kertajaya pun akan ditutup selama CFD berlangsung. Penutupan dimulai dari persimpangan Jalan Kertajaya-Jalan Dharmawangsa hingga ke arah timur menuju ke perempatan Jalan Kertajaya-Jalan Menur.

Tak hanya penutupan jalan, para pedagang kaki lima (PKL) dilarang berjualan selama CFD untuk menghindari kerumunan.

"Karena CFD khusus untuk masyarakat yang akan berolahraga. Sedangkan pedagang dilarang masuk, tidak boleh untuk berjualan, khusus olahraga," ungkapnya.

3. Tetap harus pakai masker atau face shield

CFD Kertajaya Surabaya Kembali Buka, Tetap Olahraga dengan ProkesKepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, Suharto Wardoyo. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Pemkot Surabaya juga menyediakan posko kesehatan oleh Dinas Kesehatan Surabaya di lokasi CFD. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang berolahraga di CFD Jalan Kertajaya.

Anang pun meminta agar warga bisa menerapkan protokol kesehatan dengan baik agar tak terjadi lonjakan kasus COVID-19 di Surabaya. Selama berolahraga, petugas mewajibkan warga untuk memakai masker atau face shield.

"Selain itu kami harap masyarakat menghindari kerumunan. Jangan sampai nanti ketika berolahraga masyarakat melepas masker kemudian berkerumun," pungkasnya.

Baca Juga: Nabung Gih! Mobil Tesla Sekarang Bisa Dibeli di Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya