Catatan Kelam Jatim, 4 Ledakan Petasan Tewaskan 6 Orang Selama Ramadan

Bahaya home industry petasan amat nyata

Surabaya, IDN Times - Selain adanya pandemik COVID-19, Ramadan 1442 Hijriah atau 2021 di Jawa Timur semakin muram dengan maraknya pabrik petasan rumahan. Karena, home industry petasan ini telah menelan jiwa 6 orang warga Jatim. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun mewanti-wanti agar masyarakat tidak lagi memproduksi petasan secara mandiri di rumah mereka.

Baca Juga: Bahan Petasan Meledak, Satu Orang di Jombang Meninggal

1. Empat ledakan petasan terjadi di Jatim selama Ramadan

Catatan Kelam Jatim, 4 Ledakan Petasan Tewaskan 6 Orang Selama RamadanKondisi rumah korban hancur karena petasan. IDN Times / istimewa

Ledakan pertama dari pabrik mercon sudah dialami Jatim sejak pekan pertama di bulan Ramadan tepatnya tanggal 14 April 2021 di Jombang. Dari ledakan ini, satu orang tewas. Tak lama kemudian, pada 27 April 2021, dua orang warga Ponorogo juga tewas saat mereka tengah mengaduk bahan peledak untuk mercon.

Ledakan berikutnya menjelang Idul Fitri. Pada Senin malam 10 Mei 2021 di Kabupaten Tulungangung, ratusan petasan meledak hingga menelan nyawa dua orang pembikinnya. Terbaru, di Kediri pada malam takbiran, satu orang tewas mengenaskan dengan tubuh terbelah akibat petasan yang ia buat meledak.

"Tadi malam itu termasuk yang ledakannya cukup tinggi,"  ujar Khofifah, Kamis (13/5/2021).

Baca Juga: Meracik Petasan, Dua Orang di Ponorogo Tewas Terkena Ledakan 

2. Khofifah koordinasi dengan Polda Jatim untuk hentikan home industry petasan

Catatan Kelam Jatim, 4 Ledakan Petasan Tewaskan 6 Orang Selama RamadanOlah TKP di lokasi ledakan dari bahan petasan. Istimewa

Ledakan berikutnya dialami Jatim menjelang Idul Fitri. Pada 10 Mei 2021, ratusan petasan meledak hingga menelan nyawa dua orang pembikinnya di Tulungagung. Terbaru, di malam takbiran, satu warga Kediri tewas mengenaskan dengan tubuh terbelah akibat petasan yang ia produksi meledak.

Fenomena pabrik mercon meledak ini tentu menjadi catatan buruk bagi Jatim. Tak hanya warganya yang membandel, pencegahan dan penindakan baik dari pemerintah maupun kepolisian juga patut dievaluasi. Untuk itu, Khofifah berkoordinasi dengan Polda Jatim agar menindaklanjuti kejadian-kejadian ledakan mercon ini.

"Accident mercon itu kemarin kami koordinasi dengan Pak Kapolda karena di Jatim selama puasa ini ada empat titik mercon yang meledak," tuturnya.

Baca Juga: Ledakan Petasan di Malam Takbir Menelan Korban Jiwa di Kediri

3. Ingatkan warga untuk tidak lagi membuat petasan di rumah

Catatan Kelam Jatim, 4 Ledakan Petasan Tewaskan 6 Orang Selama Ramadanmerdeka.com

Dengan bukti nyata bahaya home industry petasan, Khofifah mengingatkan warganya agar tidak lagi membuat petasan sendiri di rumah. Bukan hanya kerugian materi, potensi ledakan juga bisa merenggut jiwa.

"Jadi ini harus menjadi referensi kita semua bahwa hal yang sudah dilarang mohon untuk dipatuhi demi kebaikan dan perlindungan kita semua," pungkasnya.

Baca Juga: Petasan Maut di Tulungagung, Dipicu Percikan Api dari Obeng dan Tang

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya