Catat! TP Pagi Sampai Pasar Malam Kodam Surabaya Ditutup

Untuk mencegah kerumunan

Surabaya, IDN Times - Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya memutuskan untuk menutup sementara beberapa Sentra Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Surabaya selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Penutupan sementara ini bertujuan untuk meminimalisir interaksi pedagang dan pembeli agar mencegah penularan COVID-19.

1. TP Pagi ditutup sementara

Catat! TP Pagi Sampai Pasar Malam Kodam Surabaya DitutupIlustrasi PPKM. (IDN Times/Mia Amalia)

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto menjelaskan, salah satu Sentra PKL yang ditutup sementara adalah di Tugu Pahlawan Surabaya. Sentra PKL atau yang kerap disebut sebagai TP Pagi ini merupakan salah satu pusat keramaian yang selalu terjadi tiap Hari Minggu pagi.

"PKL yang di Tugu Pahlawan itu sudah kami surati dan Minggu lalu sudah tidak ada kegiatan. Sampai nanti pelaksanaan PPKM (berakhir) atau tidak diperpanjang. Itu yang kami lakukan," kata Eddy di kantornya, Rabu (3/2/2021).

2. Beberapa Sentra PKL lain juga ditutup sementara

Catat! TP Pagi Sampai Pasar Malam Kodam Surabaya DitutupANTARA FOTO/Galih Pradipta

Selain TP Pagi, penutupan sementara juga dilakukan di PKL yang ada di sekitaran Masjid Al Akbar. Sedangkan di kawasan Jembatan Suroboyo, penutupan dilakukan mulai Puskesmas Kenjeran hingga Taman Suroboyo mulai pukul 05.00 WIB.

"Berikutnya informasi juga dari Kodam V/Brawijaya, itu (Pasar Malam Kodam) dilakukan penutupan sampai dengan tanggal 8 Februari 2021," tuturnya.

Baca Juga: Terapkan PPKM, Surabaya Sanksi Pelanggar dengan Hal Ini

3. Untuk mencegah kerumunan

Catat! TP Pagi Sampai Pasar Malam Kodam Surabaya DitutupJalan Tunjungan, Surabaya saat situasi normal. IDN Times/Reza Iqbal

Eddy menerangkan, penutupan di Sentra PKL ini dilakukan untuk mengurangi interaksi antar masyarakat dan terjadinya kerumunan pengunjung. Selama dilakukan penutupan, beberapa personel dari instansi terkait juga dikerahkan untuk melakukan pengawasan.

"Kita kerahkan semua personel dari Satpol PP, Linmas, Satpol kecamatan, serta jajaran Polres dan TNI," katanya.

Sebagai informasi, penutupan sementara tak hanya dilakukan di Sentra PKL. Beberapa jalan protokol di Surabaya yang berpotensi menimbulkan kerumunan juga dilakukan penutupan Jalan Tunjungan, Jalan Raya Darmo, Jalan Mayjend Sungkono.

Baca Juga: Tiga Jalan Raya di Surabaya Ditutup, Catat Jadwalnya!

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya