Bukan Sampah, Crazy Rich Surabayan Bagikan Kardus Isi Uang Tunai

Satu kardus isi Rp1,5 juta

Surabaya, IDN Times - Alih-alih memberikan kerdus berisi sampah seperti yang dilakukan oleh YouTuber Ferdian Paleka, para pemuda di Surabaya ini malah membagikan kerdus berisi uang tunai jutaaan rupiah. Aksi ini merupakan bentuk protes atas perbuatan Ferdian yang dinilai merugikan banyak orang.

1. Video donasi kardus mi isi uang viral

Bukan Sampah, Crazy Rich Surabayan Bagikan Kardus Isi Uang TunaiTom Liwafa saat hendak membagikan paket berisi uang. Screenshoot video instagram.com/tomliwafa

Salah seorang pemuda, Tom Liwafa yang juga dikenal sebagai Crazy Rich Surabayan ini tampil dalam sebuah video saat tengah membagikan uang tunai ke dalam kardus-kardus berisi mie instan. Setelah diisi uang, kardus-kardus itu pun dibagikan ke tukang becak, tukang parkir, dan orang-orang yang berada di jalanan. Para penerima donasi pun kaget melihat lembaran uang tunai Rp100 ribu di dalam kardus tersebut.

Video pembagian donasi ini kemudian viral dan dibagikan di mana-mana. Salah satunya dibagikan oleh @renaldypjs di Twitter yang mendapatkan 32,1 ribu retweet dan 68,5 ribu like. Sementara akun @aslisuroboyo membagikannya di Instagram dan mendapatkan 258,9 ribu like dan 2,1 ribu komentar.

"Ini bukan kali pertama saya dan teman-teman pengusaha lain yang tergabung dalam Entrepreneurs Versus Corona melakukan donasi," ujar Tom saat dihubungi IDN Times, Rabu (6/5).

2. Membalas perbuatan Ferdian

Bukan Sampah, Crazy Rich Surabayan Bagikan Kardus Isi Uang TunaiPaket bantuan yang dibagikan crazy rich Surabayan. Screenshoot video instagram.com/tomliwafa

Tom mengatakan, pada pembagian donasi kali ini memang ia niatkan untuk "membalas" perbuatan Ferdian Paleka. Menurutnya, perbuatan Ferdian adalah tindakan tak terpuji dan merugikan banyak orang. Salah satunya juga menjelekkan nama content creator. Daripada memberi kardus berisi sampah, Tom membuktikan bisa membuat content yang bagus dan tetap berbuat kebaikan.

"Jujur saya trigerred dengan video Ferdian itu ya. Bikin konten kok gitu amat? Jadi saya membuktikan lewat ini kalau kita tetap bisa membuat konten yang bermutu," tuturnya.

Baca Juga: Galang Dana Palu, Risma Dapat Ratusan Juta dari Crazy Rich Surabayan

3. Habiskan Rp10 juta semalam

Bukan Sampah, Crazy Rich Surabayan Bagikan Kardus Isi Uang TunaiPaket bantuan yang dibagikan crazy rich Surabayan. Screenshoot video instagram.com/tomliwafa

Dalam donasi itu, Tom dan teman-temannya membagikan 6 paket donasi. Masing-masing paket berisi 1 kardus mie instan beserta uang tunai Rp1,5 juta dan bahan makanan lain. Untuk membuat donasi tersebut total biaya yang dikeluarkan adalah Rp10 juta.

"Yang donasi kali ini lebih ke pribadi. Jadi bukan full hasil open donasi yang dilakukan di Entrepreneurs Versus Corona," imbuhnya.

4. Kerap berdonasi sebelumnya

Bukan Sampah, Crazy Rich Surabayan Bagikan Kardus Isi Uang TunaiPaket bantuan yang dibagikan crazy rich Surabayan. Screenshoot video instagram.com/tomliwafa

Selain donasi langsung kepada para warga yang membutuhkan di jalanan, Tom dan komunitasnya juga sudah menyalurkan donasi lain berupa sembako hingga Alat Pelindung Diri. Bahkan, salah satu donasi sempat diberikan secara langsung kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Diterima langsung oleh Bu Risma pada Sabtu lalu. Isinya ada APD, sembako, hingga masker kain. Nanti akan disalurkan oleh Pemkot. Harapannya semoga bisa berguna," tutupnya.

Baca Juga: 7 Fakta Crazy Rich Surabayan yang Difilmkan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya