Comscore Tracker

Besok Air akan Mengecil Hingga Mati di Surabaya, Catat Jadwalnya!

Jangan lupa sediakan cadangan air dari sekarang

Surabaya, IDN Times - Warga Kota Surabaya perlu menyiapkan cadangan air PDAM untuk besok, Kamis (25/2/2021). Pasalnya, pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN akan mengakibatkan aliran air PDAM mati di beberapa kawasan di Kota Surabaya.

1. Pemadaman listrik menyebabkan aliran air PDAM mengecil

Besok Air akan Mengecil Hingga Mati di Surabaya, Catat Jadwalnya!Ilustrasi harga listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Supervisor Humas dan Sosial PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Andriana menjelaskan, pihaknya menerima pemberitahuan dari PLN terkait pemadaman listrik pada Kamis (25/2/2021). Akibatnya, aliran air dari Rumah Pompa Ketegan PDAM Surya Sembada akan mengecil bahkan hingga tidak keluar air.

"Kami menyosialisasikan hal ini agar warga bisa bersiap-siap untuk menampung air saat aliran air mengecil hingga tidak keluar," ujar Andriana, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga: Diduga Gelapkan Dana Rp1,3 M, Pegawai PDAM Tulungagung Jadi Tersangka

2. Sejumlah wilayah terdampak

Besok Air akan Mengecil Hingga Mati di Surabaya, Catat Jadwalnya!Ilustrasi aliram air dari saluran PDAM Tirta Musi Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Akibat adanya pemadaman listrik ini, sejumlah kawasan di Kota Surabaya akan terdampak. Daerah yang aliran airnya mengecil hingga tak keluar antara lain Dukuh Menanggal, Karah, Ketintang, Pagesangan, Siwalankerto, Rungkut, Kutisari, Puri Mas, Gunung Anyar, Medokan, Semampir, Semolowaru, Keputih, Mulyorejo, Kalijudan, Kedung Cowek, Kenjeran, Kedinding, Tambak Wedi, Tanah Merah, Sidotopo, dan sekitarnya.

"Sebenernya air hanya mengecil, masih kita alirkan secara by pass. Yang benar-benar tidak keluar airnya yang jaraknya terjauh atau yang biasanya rumahnya di dataran lebih tinggi dan rumah tingkat sehingga air kita tidak bisa mencapainya," terang Andriana.

3. Butuh waktu normalisasi meski air sudah bisa mengalir

Besok Air akan Mengecil Hingga Mati di Surabaya, Catat Jadwalnya!Ilustrasi buang air kecil. (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Andriana melanjutkan, mengecilnya aliran air hingga tak keluar ini akan berlangsung dari dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Namun, aliran air tidak bisa langsung kembali normal meski listrik sudah menyala di Rumah Pompa Ketegan.

"Ketika sudah menyala masih ada proses normalisasi aliran airnya dan itu butuh waktu untuk sampai ke pelanggan. Normalisasi sekitar 1-3 jam sampai ke pelanggan terjauh," ungkapnya.

Jika warga membutuhkan air bersih darurat, maka PDAM Surya Sembada menyediakan tangki air gratis. Satu tangki ini bisa digunakan untuk 5 hingga 7 kepala keluarga. Pemesanan tangki bisa dilakukan ke nomor 0800-192-6666.

"Permintaan tangki air gratis harus dikoordinir oleh RT atau RW setempat. Jadi tidak bisa dipesan perorangan," tutup Andriana.

Baca Juga: Air PDAM Kota Malang Tercemar Solar, Sutiaji Endus Adanya Kesengajaan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya