Batasi Interaksi, Belanja Pasar Tradisional di Surabaya Bisa Daring

Transaksi dilakukan lewat telepon

Surabaya, IDN Times - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Surabaya terus bertambah. Pada Jumat (10/4), 5 orang menambah daftar pasien COVID-19 menjadi 97 orang. Salah satu upaya untuk menekan laju penyebaran virus corona adalah pengalihan perbelanjaan pasar tradisional ke metode daring.

 

1. PD Pasar Surya ingin pasar tradisional beralih ke daring

Batasi Interaksi, Belanja Pasar Tradisional di Surabaya Bisa DaringAkbar (39), pedagang sembako di Pasar Wonokromo, Surabaya, Selasa (3/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya meluncurkan sebuah daftar berisi nama pedagang, jenis barang dagangan, lokasi pasar, dan nomor telepon pedagang. Daftar ini ditaruh dalam laman resmi PD Pasar Surya yaitu https://pasarsurya.surabaya.go.id. Harapannya, masyarakat tak perlu berbelanja secara langsung ke pasar sehingga bisa meminimalisir potensi penularan virus corona.

“Ini sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan covid-19. Jadi kebutuhan masyarakat tetap bisa terlayani, tetapi pembeli tidak perlu datang ke pasar. Cukup dengan telepon,” ujar Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya M Taufiqurrahman melalui siaran pers, Jumat (10/4).

2. Transaksi belanja melalui telepon

Batasi Interaksi, Belanja Pasar Tradisional di Surabaya Bisa DaringAkbar (39), pedagang sembako di Pasar Wonokromo, Surabaya, Selasa (3/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Nantinya, masyarakat yang ingin berbelanja ke pasar bisa mengakses nomor telepon pedagang melalui laman tersebut. Transaksi bisa dilakukan melalui telepon. Lalu barang yang dibeli akan diantarkan ke rumah pembeli baik diantar langsung oleh pedagang maupun melalui jasa ojek daring.

“Tentang pengiriman ini bisa dilakukan komunikasi langsung antara pembeli dengan pedagang. Maksudnya, pengiriman inginnya menggunakan apa,” tuturnya.

3. Akan mencakup seluruh pasar

Batasi Interaksi, Belanja Pasar Tradisional di Surabaya Bisa DaringBeberapa pembeli di Pasar Wonokromo terpantau memakai masker N95, Selasa (3/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Hingga saat ini belum semua data pasar tradisional telah tercantum dalam laman tersebut. Namun layanan belanja online ini akan diterapkan di seluruh pasar yang dikelola PD Pasar Surya. Tetapi data yang sudah diunggah di website memang belum mencakup semua pasar dan pedagang.

“Secara bertahap kita akan upload terus nama pedagang dan nomor teleponnya. Karena sekarang kita juga sedang menginventarisir nama pedagang dan nomor teleponnya,” pungkasnya.

Baca Juga: PD Pasar Surya Formulasikan Kompensasi Pedagang Pasar Kapasan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya