Batal Wujudkan Trem, Pemkot Tambah 10 Unit Suroboyo Bus

Hey Tayo, Hey Tayo

Surabaya, IDN Times - Setelah proyek trem yang direncanakan selama 10 tahun kandas, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beberapa waktu lalu mengatakan akan menambah jumlah Suroboyo Bus. Akhirnya bus-bus ini pun hadir di Surabaya sebagai salah satu alternatif pengurai kemacetan.

1. Bus-bus baru telah tiba di Surabaya

Batal Wujudkan Trem, Pemkot Tambah 10 Unit Suroboyo BusHumas Pemkot Surabaya

Pemkot Surabaya menambah 10 unit Suroboyo. Bus-bus ini tiba di Kota Surabaya pada, Selasa (25/12) pagi. Ini berarti telah ada 20 bus angkutan umum di Kota Surabaya yaitu 18 Suroboyo Bus dan dua unit double decker atau bus bertingkat.

"Jadi, dengan banyaknya minat dari masyarakat untuk menggunakan Suroboyo Bus, baik rute utara-selatan maupun barat-timur, maka tahun ini Pemkot Surabaya menambah lagi 10 unit dan sekarang sudah datang," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat.

2. Terdapat perbedaan dari bus versi lama

Batal Wujudkan Trem, Pemkot Tambah 10 Unit Suroboyo BusHumas Pemkot Surabaya

Irvan mengatakan bahwa rombongan bus baru ini memiliki beberapa beberapa perbedaan dibanding dengan delapan unit bus lama. Hal ini mengingat pesan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang menginginkan desain kacanya lebih rendah sehingga para penumpang yang berada di dalam bus bisa terlihat jelas. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kejahatan dan pelecehan seksual.

“Selain itu juga ada modifikasi bentuk. Dari sisi eksterior ada perbaikan di sisi belakang bus sehingga lebih bagus,” jelasnya.Sedangka kapasitas dan tipe bus masih sama seperti armada Suroboyo sebelumnya yaitu dapat memuat 67 penumpang, termasuk yang berdiri, orang difabel, dan perempuan. Bus ini juga dilengkapi GPS dan CCTV untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang.

3. Rute disesuaikan dengan permintaan

Batal Wujudkan Trem, Pemkot Tambah 10 Unit Suroboyo Businstagram.com/suroboyobus

Dengan bertambahnya 10 unit armada Suroboyo Bus ini, Irvan berharap para penumpang tidak terlalu lama menunggu kedatangan bus di halte. Selama ini para penumpang menunggu sekitar 30 menit sampai 1 jam.“Nah, kami harapkan nanti kalau ini sudah jalan semuanya, para penumpang hanya menunggu sekitar 10-20 menit, baik rute timur-barat dan utara-selatan,” harap Irvan.Pembagian rute 10 unit bus yang baru ini akan disesuaikan dengan permintaan.

Meskipun yang lebih diprioritaskan adalah rute barat-timur, namu rute utara-selatan juga perlu ada tambahan karena permintaannya sangat tinggi.“Nanti ketika jam-jam sibuk, kita akan buat lebih pendek juga waktu pemberangkatannya, tapi ketika sudah siang, mungkin sudah mulai diperpanjang lagi,” lanjutnya.

4. Akan ada tambahan 8 halte

Batal Wujudkan Trem, Pemkot Tambah 10 Unit Suroboyo BusHumas Pemkot Surabaya

Demi menjangkau warga Surabaya lain dan mempermudah akses bus, Dishub Surabaya juga akan menambah delapan halte bus pada tahun 2019 mendatang.

Delapan halte itu rencananya akan dibangun di depan UIN, Royal, depan Joyoboyo, Mayjen Sungkono depan KPU, Mayjen Sungkono sebelah SPBU, HR Muhammad sekitar Masjid At-taqwa, Dharmawangsa sekitar rumah sakit Dr Soetomo, dan Kertajaya Indah sebelah bundaran ITS.

5. Sedang kembangkan GoBis

Batal Wujudkan Trem, Pemkot Tambah 10 Unit Suroboyo BusHumas Pemkot Surabaya

 

Selain itu, Dishub Surabaya juga tengah mengembangkan aplikasi GoBis. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mempermudah penumpang memperkirakan waktu kedatangan bus dengan cara memantau posisi Suroboyo Bus. Irvan menambahkan bahwa aplikasi ini rencananya akan digabungkan dengan aplikasi Go Parkir dan beberapa aplikasi lainnya.“Untuk menunjang Smart City, kami memang berencana untuk menggabungkan dan saat ini terus kami kembangkan,” tutup Irvan.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Begini Cara Naik Suroboyo Bus yang Gratis

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya