Bantah Kabar Dana Pilkada Tak Kunjung Cair, Mahfud MD: Sudah Siap

Tinggal tunggu ditransfer ke KPUD

Surabaya, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membantah kabar bahwa dana Pemilihan Kepala Daerah 2020 masih belum cair. Menurut Mahfud, saat ini dana tersebut telah tersedia dan tinggal dikirim ke masing-masing KPU Daerah. Sehingga, ia menegaskan bahwa tidak ada lagi alasan untuk menunda Pilkada 2020.

1. Mahfud pastikan dana Pilkada 2020 telah cair

Bantah Kabar Dana Pilkada Tak Kunjung Cair, Mahfud MD: Sudah SiapIlustrasi pilkada serentak (kpu.go.id)

Mahfud mengakui bahwa banyak berita miring persoalan dana Pilkada 2020. Namun ia sudah memastikan bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mencairkan dana Pilkada 2020 ke KPU RI. Hanya saja dana tersebut memang belum disebar karena menunggu rincian kebutuhan daru masing-masing daerah.

"Saya pastikan dana itu sudah cair dan siap. Cuma beberapa KPU Daerah belum menyerahkan rincian kebutuhan sehingga belum kita transfer, tapi sudah ada uangnya," ujar Mahfud usai rapat koordinasi persiapan Pilkada Jatim di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jumat (26/6).

2. Minta KPUD selesaikan rincian kebutuhan

Bantah Kabar Dana Pilkada Tak Kunjung Cair, Mahfud MD: Sudah SiapIlustrasi pilkada serentak (IDN Media)

Untuk itu, daripada meributkan dana tersebut, Mahfud meminta agar KPUD segera menyerahkan rincian kebutuhan ke KPU RI. Sehingga dana untuk KPUD bisa segera dikirim untuk memenuhi kebutuhan dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

"Segera setor ke KPU pusat agar bisa ditransfer untuk kelancaran Pilkada," tuturnya.

Baca Juga: Rakor dengan Mahfud MD, Khofifah Segera Cabut Izin Salat Id Berjemaah

3. KPU hingga DPR RI sebut dana belum cair hingga kemarin

Bantah Kabar Dana Pilkada Tak Kunjung Cair, Mahfud MD: Sudah SiapMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Surabaya, Jumat (26/6). IDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya, KPU RI dan Bawaslu RI sama-sama resah lantaran dana Pilkada 2020 belum juga sampai di tangan mereka. Mereka pun mengadu ke DPR RI dan sempat mengancam akan menunda kembali Pilkada 2020.

"Komisi II mendesak pemerintah untuk segera merealisasikan pemenuhan kebutuhan anggaran Pilkada 2020,” ujar Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia, Kamis (25/6).

Baca Juga: Corona Bukan Pembunuh Utama, Mahfud MD Minta Masyarakat Tak Takut

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya