Balita JA Dipulangkan, Hasil Diagnosa Dokter: Tubuh Penuh Luka Lebam

Dipastikan bukan penyakit atau kelainan

Surabaya, IDN Times - Balita JA (4), terduga korban penganiayaan telah dinyatakan sehat dan siap untuk dipulangkan. Tim dokter yang menanganinya telah menyimpulkan diagnosa terhadap bayi perempuan tersebut. Namun, visum untuk melengkapi perkara yang kini ditangani oleh polisi masih belum keluar.

1. Balita JA dipersilakan pulang

Balita JA Dipulangkan, Hasil Diagnosa Dokter: Tubuh Penuh Luka LebamHumas RSUD Dr Soetomo Surabaya, Pesta Parulian saat ditemui di RSUD Dr Soetomo, Senin (2/12). IDN Times/Fitria Madia

Kepala Instalasi PKRS dan Humas RSUD Dr Soetomo, dr. Pesta Parulian Maurid Edwar menjelaskan bahwa kondisi JA sudah sehat dan dinyatakan stabil. Dokter pun telah mengizinkannya untuk meninggalkan ruang perawatan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan kembali ke rumahnya.

"Baru saja saya telepon katanya sedang siap-siap. Mungkin sebentar lagi sudah pulang. Siang ini pulang," ujarnya ketika dihubungi IDN Times, Rabu (4/12).

2. Lebam di tubuh JA dipastikan luka

Balita JA Dipulangkan, Hasil Diagnosa Dokter: Tubuh Penuh Luka LebamIlustrasi Kekerasan Anak (IDN Times/Arief Rahmat)

Pesta mengatakan bahwa pemeriksaan yang dilakukan kepada JA telah selesai. Diagnosa atas lebam yang ada di tubuh JA telah dipastikan sebagai perlukaan bukan kelainan darah atau kulit. Namun Pesta belum dapat memastikan apakah luka lebam tersebut merupakan hasil kekerasan atau bukan.

"Kalau tentang itu semua nanti rangkumannya ada di visum yang akan diserahkan ke pihak Unit PPA Polrestabes Surabaya," lanjutnya.

3. JA tak pernah mengigau saat dirawat inap

Balita JA Dipulangkan, Hasil Diagnosa Dokter: Tubuh Penuh Luka LebamHumas RSUD dr.Soetmo, Pesta Parulian. IDN Times/Fitria Madia

JA juga sempat diketahui mengigau meminta ampun. Pesta mengatakan selama dirawat intensif, bayi tersebut sudah tidak pernah mengigau seperti demikian. Tim dokter juga telah menerjunkan psikiatri anak untuk memastikan trauma psikologis yang dialami JA.

"Untuk lebih jelasnya, silahkan tunggu pihak kepolisian. Karena ini sudah masuk ranah pemeriksaan. Jadi kami tisak berhak menjelaskan lebih lanjut," pungkasnya.

4. Polisi sudah periksa 8 saksi

Balita JA Dipulangkan, Hasil Diagnosa Dokter: Tubuh Penuh Luka LebamKanit PPA Polrestabes Surabaya AKP Ruth Yeni. IDN Times/Fitria Madia

Dihubungi terpisah, Kanit PPA Polrestabes Surabaya AKP Ruth Yeni menuturkan bahwa pemeriksaan masih belum selesai. Ia menunggu hasil visum dari tim dokter yang belum diserahkan. Sementara itu, telah ada 8 saksi yang diperiksa.

"Saksi yang baru diperiksa dari dokter yang menangani korban. Tapi sampai saat ini kami masih menunggu visum, ya," tutur Ruth.

Baca Juga: Kapolrestabes Jenguk Balita JA, Ibunya Enggan Bahas Kasus Penganiayaan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya