Comscore Tracker

Ada "Surabaya Menggugat", Pemkot Liburkan Sekolah Se-Surabaya

Dari PAUD sampai SMP libur semua

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya memutuskan untuk meliburkan sekolah di Kota Surabaya mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini hingga Sekolah Menengah Pertama selama satu hari pada Kamis (26/9). Keputusan ini dibuat lantaran adanya kabar aksi "Surabaya Menggugat" dengan jumlah massa aksi mencapai puluhan ribu orang.

1. Sekolah di Surabaya diliburkan

Ada Surabaya Menggugat, Pemkot Liburkan Sekolah Se-SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Informasi peliburan tersebut pertama kali diunggah di akun resmi Dinas Pendidikan Kota Surabaya di Instagram, @dispendiksby. Unggahan tersebut mengumumkan bahwa proses belajar mengajar pada Kamis (26/9) ditiadakan untuk PAUD, TK, SD, dan SMP. Kabag Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser membenarkan kabar tersebut.

"Iya benar besok diliburkan satu hari," ujarnya ketika dihubungi IDN Times, Rabu (25/9) malam.

2. Diliburkan karena ada demo

Ada Surabaya Menggugat, Pemkot Liburkan Sekolah Se-SurabayaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Peliburan ini, jelas Fikser, dikarenakan kabar diadakannya aksi "Surabaya Menggugat" yang diikuti oleh puluhan ribu orang dari berbagai elemen mulai mahasiswa, ormas, LSM, dan lain-lain. Ia menyebut bahwa peliburan tersebut untuk meringankan pengamanan Kota Surabaya.

"Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, mengurangi beban keamanan, dan macet di mana-mana. Anak sekolah kan diantar jemput begitu kan," lanjutnya.

3. Diberi tugas rumah

Ada Surabaya Menggugat, Pemkot Liburkan Sekolah Se-SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Fikser menjelaskan bahwa peliburan ini diberlakukan bagi siswa hingga SMP karena tingkat SMA bukan wewenang Pemkot Surabaya. Seluruh sekolah mulai negeri hingga swasta wajib mengikuti kebijakan tersebut.

"Tetapi anak-anak diberikan tanggung jawab tugas di rumah untuk diselesaikan. Jadi bukan serta merta diliburkan," jelasnya.

Baca Juga: Dukungan Para Dosen kepada Mahasiswa yang Ikut "Surabaya Menggugat"

4. Keputusan mendadak melihat kondisi terkini

Ada Surabaya Menggugat, Pemkot Liburkan Sekolah Se-SurabayaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pengumuman peliburan sekolah tersebut diakui Fikser memang cukup mendadak. Ia mengatakan bahwa keputusan ini diambil oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang melihat kondisi terkini Kota Surabaya. Seperti yang diketahui, demo mahasiswa gabungan beberapa universitas sudah dilaksanakan pada Rabu (25/9).

"Mendadak bukan berarti gak bisa. Setiap sekolah kan punya grup-grup (Whatsapp) sekolah," pungkasnya.

Baca Juga: Demo di Surabaya Berakhir, Mahasiswa Siap Tagih Janji DPRD Jatim

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You