19 Penumpang Pesawat Cathay Pacific Diisolasi di RSJ Menur 

RSJ Menur jadi rujukan tempat isolasi tambahan

Surabaya, IDN Times - Pesawat Cathay Pacific sempat tertahan di Banda Udara Internasional Juanda, Selasa (17/3) lantaran mengangkut seorang penumpang yang dikategorikan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona. Saat ini pesawat tersebut sudah kembali ke Hongkong. Sementara 19 orang penumpang masih dikarantina di Rumah Sakit Jiwa Menur.

1. Sebanyak 19 penumpang dikarantina dalam RSJ

19 Penumpang Pesawat Cathay Pacific Diisolasi di RSJ Menur rsjmenur.com

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya, Budi Hidayat menjelaskan, 19 orang (sebelumnya disebut 18 orang) penumpang Cathay Pacific saat ini tengah diisolasi di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur, Surabaya. Mereka merupakan penumpang yang duduknya berdekatan dengan PDP di pesawat.

"19 orang penumpang itu dikarantina selama 14 hari. Sekarang posisinya di Rumah Sakit Jiwa Menur," ujar Budi saat dihubungi IDN Times, Rabu (18/3).

2. Berdasarkan instruksi Pemprov

19 Penumpang Pesawat Cathay Pacific Diisolasi di RSJ Menur Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

RSJ Menur dipilih menjadi rujukan tempat isolasi tersebut atas instruksi Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengumumkan bahwa RSJ Menur dijadikan tempat isolasi pasien virus corona tambahan yang bisa menampung hingga 120 orang.

"Langsung dilarikan ke Menur karena memang itu difadilitasi oleh Pemprov. Yang PDP ke RSUD dr Soetomo, yang di Menur diobservasi dikarantina," lanjutnya.

Baca Juga: Bawa Satu PDP dari Hongkong, Pesawat Cathay Pacific Tertahan di Juanda

3. Pesawat sudah kembali ke Hongkong

19 Penumpang Pesawat Cathay Pacific Diisolasi di RSJ Menur Penumpang sedang melakukan check in Cathay Pacific di bandara Internasional Hongkong. IDN Times/Yogi Pasha

Sementara untuk pesawat Cathay Pacific dengan nomor Cx 779 tersebut sudah kembali ke negara asal setelah selesai didisinfeksi pada Selasa (17/3) malam. Namun Budi tak bisa menyebutkan pukul berapa pesawat itu kembali.

"Pesawatnya langsung kembali tapi sebelum kembali dilakukan penyemprotan disinfeksi, lupa jam berapa yang jelas malam, dua jam tiga jam baru selesai," jelasnya.

Sedangkan untuk 55 penumpang lainnya dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan mereka masing-masing setelah diobservasi. Hal ini juga berlaku untuk 8 kru pesawat yang sudah kembali ke Hongkong.

"Kru pesawat dan lain disilahkan 55 orang itu sisanya observasi diri sendiri di rumah di karantina, kru diimbau untuk waspada juga," tutupnya.

 

Baca Juga: Bawa Satu PDP dari Hongkong, Pesawat Cathay Pacific Tertahan di Juanda

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya