Flyover Jalan Utama ke GBT Garapan Pelindo Rampung

Jalan 500 meter menuju GBT tanggungan Pemkot Surabaya

Surabaya, IDN Times - Akses darat flyover (jembatan layang) menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), yang dibangun PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III), tampaknya tinggal finishing. Proyek yang dikerjakan sejak 2018 tersebut nantinya akan menjadi akses utama dari Bandara Juanda menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

1. Kabar terkini pembangunan Flyover Pelindo 

Flyover Jalan Utama ke GBT Garapan Pelindo RampungFlyover Pelindo yang menghubungkan ke akses Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu (24/8/2022). (IDN Times/Fika Febriana).

Muhammad Dawud (48), Rekanan Proyek Pelindo, mengatakan, pembangunan flyover Pelindo ini memasuki finishing akhir. "Kurang 5 meter saja,” ujar dia ditemui IDN Times di lokasi.

Namun, menurut pantauan reporter IDN Times di lapangan, Flyover Pelindo belum bisa turun langsung ke GBT. Hal tersebut dikarenakan pembangunan jalan di ruas 500 meter berikutnya adalah tanggungan Pemkot Surabaya. Sampai Rabu (24/08/2022) kemarin, tampak ada pekerjaan dari Pemkot Surabaya, yakni mendatangkan material bangunan di lokasi.

Baca Juga: Eri Belum Dapat Surat Resmi Soal Kabar GBT Dicoret FIFA 

2. Jadwal selesai pembangunan Flyover Pelindo 

Flyover Jalan Utama ke GBT Garapan Pelindo RampungFlyover Pelindo yang menghubungkan ke akses Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu (24/8/2022). (IDN Times/Fika Febriana).

Pembangunan Flyover Pelindo dijadwalkan selesai pada awal September 2022. Terjadi percepatan pembangunan karena bertepatan dengan AFC U-20 (Piala Asia) yang akan digelar di GBT pada Sabtu, (15/09/2022).

"Flyover ini dijadwalkan akan selesai awal September. Ya sekitar tanggal 7, karena juga mau ada AFC U-20 di GBT," terang Dawud.

3. Digunakan sebagai jalan utama pada Piala Dunia 

Flyover Jalan Utama ke GBT Garapan Pelindo RampungStadion Gelora Bung Tomo, Rabu (24/8/2022). (IDN Times/Fika Febriana).

Flyover Pelindo digadang-gadang akan dijadikan jalan utama pada Piala Dunia 2023 yang digelar di GBT. Selain Piala Dunia, AFC U-20 (Piala Asia) pada September mendatang juga akan menggunakan flyover ini sebagai jalan utama.

GBT akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang terhubung dengan jalan tol menuju bandara, jika Flyover Pelindo dan Pemkot Surabaya selesai dibangun.

Rute yang dilalui adalah sebagai berikut: dari Bandara Juanda, akses selanjutnya menuju jalan tol. Dari jalan tol akan melewati Terminal Teluk Lamong. Dari Terminal Teluk Lamong akan turun ke flyover dan langsung menuju GBT.

Baca Juga: GBT Terancam Batal untuk Pildun U-20, DPRD Akan Rapat dengan Pemkot

Fika Febriana Photo Community Writer Fika Febriana

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya