Comscore Tracker

Kilatan Cahaya Disebut dari Gunung Raung, PPGA: Itu Tidak Benar  

Aktivits vulkanik di gunung raung sudah menurun

Banyuwangi, IDN Times - Sekitar pukul 22.00 WIB, Selasa (16/2/2021), masyarakat di Kabupaten Banyuwangi dihebohkan dengan video kilatan cahaya di langit. Berbagai isu kemudian berkembang. Salah satunya menyebut bahwa kilatan berulang itu dari arah Gunung Raung. Video itu pun akhirnya viral.

1. Kilatan bukan dari Gunung Raung

Kilatan Cahaya Disebut dari Gunung Raung, PPGA: Itu Tidak Benar  Kilatan cahaya yang ternyata merupakan petir. IDN Times/Istimewa

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Burhan Alethea mengatakan, informasi terkait adanya kilatan cahaya seperti yang dikhawatirkan sepenuhnya tidak benar.

Sejak tangga 14 Februari, aktivitas vulkanik Gunung Raung berangsur mengalami penurunan. Erupsi yang sebelumnya mencapai 2500 meter, sejak tanggal 14 Februari, menurun antara 500-1000 meter dari atas puncak.

Baca Juga: Tutup Akibat Erupsi Raung, Bandara Banyuwangi Mulai Beroperasi

2. Kilatan merupakan petir 

Kilatan Cahaya Disebut dari Gunung Raung, PPGA: Itu Tidak Benar  Kilatan cahaya dari arah Gunung Raung yang ternyata merupakan petir. IDN Times/Istimewa

Burhan mengatakan, dari hasil pemantauan visual, sumber kilatan cahaya tidak berasal dari kawah Gunung Raung setinggi 3.332 Mdpl, melainkan kilatan petir yang terjadi di kawasan sisi barat ke arah utara Banyuwangi, seperti Bondowoso dan Situbondo.

"Yang terlihat seperti kilatan cahaya dari Kawah Gunung Raung itu sepenuhnya tidak benar. Dari CCTV kami itu terlihat semacam badai petir yang terjadi di balik Gunung Raung dan Gunung Suket. Bisa terjadi di Bondowoso, Situbondo dan kawasan Pantura. Jadi bukan berasal dari Gunung Raung," ujar Burhan, Selasa malam, (16/2/2021).

3. Erupsi masih berlangsung 

Kilatan Cahaya Disebut dari Gunung Raung, PPGA: Itu Tidak Benar  Aktivitas vulkanik Gunung Raung saat mencapai 2500 meter. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, data pemantauan terakhir PPGA Raung, Rabu (17/2/2021), mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, masih terpantau erupsi, asap kawah berwarna kelabu dengan ketinggian 300-1000 meter dari puncak gunung.

"Teramati asap kawah utama berwarna kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 300-1000 meter dari puncak. Tetap Waspadai Potensi Hujan Abu," ujar Burhan.

Sementara untuk pengamatan kegempaan, juga terpantau menurun terjadi 1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 1-16 mm, dominan 1 mm.

"Tingkat Aktivitas Gunung Raung masih di Level II (Waspada). Diimbau masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari pusat erupsi kawah puncak," ujarnya.

Baca Juga: Erupsi Raung Mereda, Ketinggian Abu Terpantau Tinggal 500 Meter

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mohamad Ulil Albab di IDN Times Community dengan judul Viral Kilatan Cahaya Akibat Gunung Raung, PPGA: Itu Tidak Benar  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya